Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

JAKARTA, RADARPENA - Buah pepaya atau papaya merupakan salah satu tanaman tropis. Memiliki bentuk oval atau lonjong, dengan kulit tipis. Saat matang, kulit buah akan berwarna kuning atau orang kehijauan.

Pepaya memiliki rasa yang manis, sedikit asam yang segar, daging buah beraroma khas dan lezat.
Buah pepaya kaya akan nutrisi. Ini mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan beberapa vitamin B kompleks. Buah ini juga mengandung mineral seperti potassium, magnesium, dan zat besi. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu pencernaan.

Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam 100 gram daging pepaya matang:

  • Kalori: 43 kkal
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Gula: 7 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Vitamin C: 62,8 mg (105% dari nilai harian yang direkomendasikan)
  • Vitamin A: 950 IU (19% dari nilai harian yang direkomendasikan)
  • Vitamin E: 0,3 mg
  • Vitamin K: 2,6 mcg
  • Vitamin B kompleks (termasuk B1, B2, B3, B5, B6): jumlah bervariasi
  • Potassium: 182 mg
  • Magnesium: 10 mg
  • Zat besi: 0,25 mg

Selain itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain, yang dapat membantu pencernaan dengan memecah protein.

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Manfaat pepaya adalah berkat kandungan nutrisinya yang memberikan banyak kebaikan bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga jantung. Selain itu, banyak Manfaat pepaya lainnya yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah ini secara rutin.

Beragam manfaat lain dari buah pepaya dan baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Menjaga Pencernaan

    Pepaya mengandung enzim papain yang membantu memecah protein dalam makanan, membantu dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi. Serat alami yang tinggi dalam buah ini juga membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan

    Buah pepaya kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

  3. Antiinflamasi dan Antioksidan

    Pepaya mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang membantu melawan peradangan dalam tubuh. Antioksidan ini melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

  4. Menjaga Kesehatan Mata

    Kandungan vitamin A dalam pepaya baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina dan mencegah masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

  5. Menjaga Kesehatan Jantung

    Buah pepaya mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan jantung, termasuk serat, vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Konsumsi pepaya secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan menjaga tekanan darah dalam rentang yang sehat.

  6. Pemulihan Setelah Olahraga

    Enzim papain dalam pepaya diketahui memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri otot setelah aktivitas fisik intens. Konsumsi pepaya dapat membantu dalam pemulihan dan regenerasi otot setelah latihan.

  7. Menjaga Kulit yang Sehat

    Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam pepaya membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan kekuatan dan kekenyalan pada kulit, menjaga kulit tetap lembap dan mencegah penuaan dini.

Selain beberapa manfaat di atas, buah pepaya juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidan likopen yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Tak hanya buahnya, daun dari pohon pepaya juga baik dikonsumsi, terutama jika Anda sedang menderita penyakit demam dengue. Daun pada buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan trombosit lebih cepat. Meski demikian, manfaat pepaya yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: