Kenali Kegunaan Obat Parasetamol

Kenali Kegunaan Obat Parasetamol

JAKARTA-RADARPENA-Parasetamol adalah nama obat yang bermanfaat untuk menyembuhkan gejala penyakit. Obat Parasetamol sangat populer di masyarakat di Indonesia . Hampir seluruh orang awam maupun intelektual  mengenal obat ini.

Paramedis dan medis sering meresepkan parasetamol bagi pasiennya . Bisa disebut parasetamol adalah rajanya obat untuk  mengatasi keluhan gejala penyakit yang di alami masyarakarat seperti demam, sakit kepala, nyeri, pegal-pegal, flu dan bersin-bersin.

Obat  ini telah dikenal manusia sejak abad ke-18. Tepat saat pertama kali ditemukan oleh Harmon Nortthrop Morse dari Universitas John Hopkins di Amerika Serikat pada tahun 1817. Sejak itu parasetamol dikenal luas di dunia hingga sampai ke Indonesia melalui dokter-dokter yang berpendidikan Barat.

BACA JUGA:Lagi Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi

Parasetamol memiliki cara kerja dipusat pengaturan suhu di otak untuk  menurunkan suhu panas yang dialami seseorang karena demam. Parasetamol dapat menghambat pembentukan prostaglandin yakni senyawa yang bisa menimbulkan rasa nyeri karena ada bengkak atau cedera.

Parasetamol hingga sekarang di dunia moderen tetap dipergunakan untuk  mengatasi gejala penyakit yang kerap menimpa manusia akibat pengaruh cuaca panas atau dingin karena perubahan iklim atau juga terjadi perubahan suhu. Di Indonesia terdapat berbagai macam merek dagang yang mengandung  Parasetamol antara lain Bodrex, Paramex,  Sanmol dan lain-lain

Ada tiga manfaat dari parasetamol yang sudah teruji  . Lebih-lebih jika diberikan kepada anak-anak Ketiganya adalah untuk menurunkan panas tubuh. Meringankan sakit kepala dan meringankan rasa sakit atau nyeri, bisa karena haid atau karena pegal-pegal

BACA JUGA:Spoiler dan Link Manga Jujutsu Kaisen Chapter 225, Perseteruan Gojo Dengan Toji Fushiguro

Ayo kita simak, tiga macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan meminum parasetamol. Ada dua jenis parasetamol. Ada berbentuk pil atau padat, adapula yang berbentuk cairan. Biasanya jenis cair diberikan untuk  anak-anak.

1.      Menurunkan panas.

Suhu tubuh dapat naik dari angka normal, terdapat serangan virus. Saat virus masuk ke tubuh, antibodi yang sudah tersedia didalam tubuh secara alami akan melakukan menolak virus yang masuk. Saat penolakan terjadi, itu yang memicu suhu tubuh meningkat sehingga menimbulkan demam. Selanjut Parasetamol akan berperan untuk  mengembalikan lagi suhu ke keadaan normal.

2.      Meringankan sakit kepala. Sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena oksigen yang tersedat masuk ke dalam otak, karena syaraf kepala yang menegang, karena terlalu letih atau karena stress. Keadaan ini bisa dikurangi dengan mengkonsumsi parasetamol sesuai dosis.

      BACA JUGA:Yuk Simak Jadwal Tes Rekrutmen Bersama BUMN serta Tips dan Trik Untuk Menghadapi Tes Online

3.      Meringankan sakit

Sakit yang terjadi di dalam otot-otot dapat disebabkan Karena tubuh yang kurang beristirahat. Keadaan ini bisa memunculkan rasa sakit. Parasetamol bisa diminum untuk  meringankannya. Demikian tiga manfaat penting dari Parasetamol

Penggunaan parasetamol harus tetap mengikuti dosisnya. Tidak boleh berlebihan karena memiliki efek samping. Efek samping parasetamol antara lainmenimbulkan kantuk. alergi,mual-mual dan juga bisa gatal-gatal,***(iaa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: