Viral! Aksi Heroik 2 Lansia Selamatkan Kereta Api dengan Lambaikan Kaos Merah Demi Hindari Rel Putus di Blora

Selasa 08-10-2024,12:17 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beredar sebuah video yang memperlihatkan 2 lansia yang menunjukkan aksi heroiknya demi menyelamatkan nyawa ratusan orang di dalam kereta yang akan melintas. 

Lansia tersebut memberi isyarat melalui cara dengan melambaikan kaus berwarna merah kepada masinis kereta api, terkait kejadian putusnya rel kereta api yang hendak dilewati. 

Kedua lansia tersebut bernama Jamin (62) dan Sarmo (66). 2 warga lansia ini merupakan warga daerah Dukuh Pengkol, Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Minggu, 6 Oktober 2024. 

“Kami sore itu sedang berjalan di pinggiran rel, ketika berjalan melihat ada sambungan rel yang terputus sehingga mengetahui kebiasaan kereta melintas pada jam-jam tersebut nekat menghentikan kereta api yang sedang berjalan,” ujar Jamin.

BACA JUGA:

Meskipun dengan kelelahan terus mengibarkan kaos, ungkap Sarmo, akhirnya masinis memahami tanda yang diberikan hingga menghentikan laju kereta api dan menanyakan ada masalah apa. 

Setelah diberitahukan adanya sambungan rel yang terputus, masinis segera melakukan komunikasi dengan stasiun dan kantor PT KAI untuk melakukan pemeriksaan.

Petugas perbaikan segera datang, lanjut Sarmo, hingga kereta dapat kembali berangkat dengan kecepatan rendah dan setelah melintas dengan selamat. Akhirnya petugas masih tetap melakukan perbaikan hingga kereta api selanjutnya berjalan normal.

Kereta api yang biasanya langsung melintas tiba-tiba berhenti menjadi tontonan warga. Masyarakat heran dan bertanya-tanya apa penyebab kereta mendadak berhenti hingga akhirnya kembali berjalan merambat melintasi rel di desa itu.

BACA JUGA:

"Saya heran kok tiba-tiba ada kereta api berhenti pada Minggu petang 6 Oktober 2024, biasanya langsung hanya melintas begitu saja," ujar Suprapti (45) warga setempat.

Keheranan warga terjawab setelah sejumlah petugas Pemeliharaan Prasarana PT KAI Daop 4 Semarang berdatangan untuk memeriksa jalur rel kereta api dan dengan cepat melakukan perbaikan hingga kereta api membawa ratusan penumpang kembali berangkat, meskipun harus berjalan merambat melintasi jalur rel tersebut.

Netizen pun memuji aksi heroik kedua lansi tersebut.

"Semoga di beri penghargaan oleh dishub biar banyak yang terinspirasi dari dalam hal baik seperti ini," komentar salah satu netizen.

"Alhamdulillah.. Selamtkan banyak nyawa.. seharusnya dri pihak teknisi khusus rel kereta api sering kontrol agar tdk terjadi hal2 tdk diinginkan," sahut lainnya.

Kategori :