Harus Tahu! Minum Kopi Tanpa Gula Mampu Kurangi Risiko Diabetes

Selasa 10-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mengonsumsi kopi “kekinian” dengan berbagai pemanis dan rasa sepertinya sudah menjadi gaya hidup. Padahal, kopi hitam dapat menawarkan banyak manfaat yang lebih optimal bagi kesehatan jika tidak menggunakan pemanis.

Kopi tanpa gula ternyata punya rahasia besar untuk menjaga kestabilan gula darah, antara lain mampu menurunkan berat badan dan risiko penyakit jantung.

Artikel ini akan menjelaskannya kepada Anda agar Anda dapat memahaminya dengan mudah!

BACA JUGA:

Kandungan Ajaib dalam Biji Kopi

1. Asam Klorogenat

Asam klorogenat pada kopi adalah kunci utamanya. Senyawa ini bermanfaat untuk menghasilkan efek farmakologi yang berkhasiat terhadap metabolisme gula darah serta membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Asam klorogenat membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Kopi juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga gula darah lebih mudah diangkut ke sel-sel tubuh dan diubah menjadi energi.

Kopi juga memiliki kemampuan mengurangi peradangan kronis yang sering menyebabkan diabetes.

BACA JUGA:

2. Trigonellin

Senyawa ini adalah anti bakteri yang dapat membantu mencegah masalah gigi. Trigonelline adalah zat alkaloid yang pahit pada kopi, namun juga menambah aroma kopi yang unik.

Trigoneline ini terdapat 10 kali lebih tinggi pada kopi yang telah disangrai dibanding kopi yang belum disangrai. Jenis kopi Arabika mempunyai Trigonelline lebih tinggi yang signifikan daripada kopi Robusta. 

Saat biji kopi disangrai, Trigonelline akan berkurang sebagian, untuk membentuk asam nikotinat dan piridin.

Kategori :