Kadar Glukosa Tinggi, Diabetes atau Gula Darah Tinggi? Cek Perbedaannya Disini

Selasa 10-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masih banyak yang keliru, kadar glukosa tinggi belum tentu penyakit diabetes. Selain itu banyak yang beranggapan bahwa diabetes dan kadar gula tinggi adalah sama, nyatanya keduanya berbeda.

Beberapa kalangan masyarakat masih banyak yang mengganggap diabetes dan gula darah tinggi adalah sama, nyatanya kedua penyakit tersebut memiliki perbedaan yang harus dipahami.

Dengan memahami perbedaan antara diabetes dan gula darah tingi bisa membantu penderita untuk bisa mengelola penyakitnya dengan baik agar bisa menjaga Kesehatan.

Lantas apa perbedaan diabetes dan gula darah tinggi? yuk simak Bersama agar lebih memahami keduanya.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Anak Makin Meningkat, Ternyata Ini Faktor Penyebabnya

BACA JUGA:8 Sarapan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes: Waspada Peningkatan Gula Darah

Perbedaan Diabetes dan Gula Darah Tinggi

Sebelum mengetahui perbedaannya, baiknya untuk mengetahui pemahamana penyakit diabetes dan gula darah tinggi.

Diabetes adalah kondisi kronis yang mempengaruhi cara tubuh menggunakan glukosa (gula) dalam darah.

Terdapat dua jenis diabetes Utama, yakni tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes jenis 1, tubuh tidak bisa memproduksi insulin yang cukup, yaitu hormone yang diperlukan agar bisa megatur kadar gula darah dalam tubuh. Sedangkan pada diabetes jenis 2, tubuh tidak dapat merespon insulin dengan baik, yang biasa dikenal dengan sebutan resistensi insulin.

Kedua jenis penyakit deiabetes ini bisa menyebabkan kadar gula dalam darah, yang jika tidak diatur dengan baik bisa menyebabkan berbagai penyakit atau komplikasi Kesehatan yang serius.

Sedangkan penyakit gula darah tinggi atau hiperglikemia dalam istilah medis bisa terjadi Ketika kadar glukosa yang tedapat dalam darah di tubuh seseorang melebihi dari batas normal.

Penyebab penyakit gula darah tinggi bisa disebabkan oleh banyak kondisi, seperti sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula, jarang melakukan aktivitas fisik, dan bisa juga disebabkan karena masalah Kesehatan tertentu yang berdampak pada gula darah tinggi.

Hiperglikemia biasanya merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius, salah satunya adalah diabetes.

Setelah mengetahui pemahaman penyakit diabetes dan gula darah tinggi, berikut ini perbedaan yang mesti kamu pahami agar bisa ditangani penyakitnya dengan tepat dan baik.

Kategori :