Kadar Glukosa Tinggi, Diabetes atau Gula Darah Tinggi? Cek Perbedaannya Disini

Selasa 10-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

BACA JUGA:10 Tanda Gula Darah Sedang Bermasalah: Waspada Jangan Sampai Diabetes

BACA JUGA:Mitos atau Fakta: Minum Air Putih Hangat Dapat Membantu Turunkan Gula Darah?

Perbedaan diabetes dan gula darah tinggi:

1. Penyebabnya

Gula darah tinggi bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, atau stres.

Sementara diabetes memiliki penyebab yang lebih kompleks termasuk faktor genetik, gaya hidup, dan faktor lingkungan.

2. Durasi penyakit

Gula darah tinggi bisa terjadi secara sementara dan dapat dikendalikan dengan perubahan gaya hidup, sedangkan diabetes adalah kondisi kronis yang memerlukan manajemen jangka panjang.

3. Risiko Komplikasi

Meskipun kedua kondisi ini meningkatkan risiko komplikasi serius seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan masalah saraf, diabetes memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi karena berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama.

4. Penanganan

Penanganan gula darah tinggi seringkali melibatkan perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat dan olahraga teratur.

Sementara diabetes memerlukan manajemen yang lebih komprehensif termasuk pengukuran rutin kadar gula darah, penggunaan obat-obatan, dan mungkin juga insulin.

Setelah mengetahui pemahaman dan perbedaan penyakit diabetes dan gula darah tinggi, diharapkan kamu tidak lagi salah, meskipun memang ada keterkaitan antara diabetes dan gula darah tinggi.

Dengan memahami perbedaan dua jenis penyakit ini, diharapkan juga kamu bisa lebih mudah untuk mendiagnosis dan mengelola penanganan yang tepat agar bisa mencegah komplikasi serius yang bisa menyerang Kesehatan.

Semoga bermanfaat.

Kategori :