Bikin Ngakak! Lomba Panjat Pinang di Cianjur Berhadiah Janda Muda, Ternyata Ini Sosok Aslinya

Selasa 20-08-2024,14:35 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beredar video viral di media sosial tepatnya di Cianjur yang menjadi sorotan publik setelah adanya sebuah lomba panjat pinang yang digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 yang berhadiah tak biasa, yaitu seorang ‘janda muda’.

Lomba unik ini diadakan di RW 16, Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, dan dengan cepat menarik perhatian warganet setelah videonya viral di media sosial.

lomba panjat pinang ini berlangsung di tengah kolam dengan posisi batang pinang miring 45 derajat. Bagian bawahnya air sehingga peserta aman dari cedera serius bila jatuh.

Selama perlombaan, warga menonton riuh memberikan semangat. Sementara perempuan yang disebut sebagai janda muda duduk di ujung batang pinang sebagai lambang hadiah untuk diperebutkan.

BACA JUGA:

Ketua RW setempat Amir Saepudin mengatakan, lomba ini diadakan untuk menyemarakan rangkaian HUT RI yang ke-79.

"Tadi ada lomba panjat pinang dengan perempuan duduk di atas puncak. Sebenaranya itu lambang cowok yang memperebutkan duniawi, dalam hal ini artinya kesuksesan," ujar Amir, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Menurutnya seluruh rangkaian lomba in imelibatkan masyarakat dengan harapan lebih sejahtera, sehat dan sukses. Janda muda cantik yang jadi hadiah tersebut diperebutkan oleh sebanyak 27 orang peserta dari 9 kelompok, dan masing masing kelompok berjumlah tiga orang.

Untuk memenangkan seorang janda muda tersebut setiap peserta harus melintasi rintangan batang pohon pinang sepanjang 10 meter dengan kemiringan hampir 20 derajat serta terpasang di tengah kolam.

Perlombaan panjat pinang dengan kolam tersebut pun, kini viral di sejumlah media sosial. Janda muda tersebut bak menjadi rebutan para peserta yang ikut perlombaan tersebut.

Padahal ternyata seorang janda berkebaya warna merah tersebut merupakan seorang laki - laki yang diberi make up dan dirias sedemikian rupa supaya terlihat sosok wanita cantik.

"Iya itu hanya seorang laki - laki, kita sengaja mendandani seorang panitia laki - laki untuk didandani sebagai perempuan, dan disebut sebagai janda muda," ucap Haris Iskandar, Ketua Panitia 17 Agustus RW 16, Kelurahan Solokpandan dilansir dari radarpena.co.id pada Senin, 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Haris menjelaskan bahwa ide perlombaan ini muncul dalam sebuah rapat, ketika seorang wanita bernama Elin Rismayanti mengusulkan ide panjat pinang dengan hadiah seorang 'janda'.

Meski begitu, yang sebenarnya diperebutkan hanyalah pria yang telah didandani tersebut. Sebanyak 27 peserta dari 9 kelompok berpartisipasi dalam perlombaan ini. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 250 ribu.

Kategori :