JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ditengah-tengah zaman digital ini, tengah terjadi pergeseran pola perilaku konsumen dalam membeli produk ritel.
Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku usaha sektor ritel agar tetap bertahan dalam menjalankan bisnis.
Oleh karena itulah, Kementerian Perdagangan melalui Badan Kebijakan Perdagangan (BKPerdag) memutuskan untuk melakukan dorongan transformasi ritel modern di era digital.
Hal ini dijelaskan Kepala BKPerdag Kasan dalam sambutannya pada pembukaan Gambir Trade Talk (GTT) ke-15, yang digelar secara hibrida di Hotel Borobudur, Jakarta pada hari ini, Rabu (14/8).
GTT #15 mengusung tema “Transformasi Ritel Modern di Era Digitalisasi: Peluang dan Tantangan.
"Kementerian Perdagangan mendorong transformasi ritel modern di era digital dalam memanfaatkan semua sarana pemasaran, termasuk niaga-el(e-commerce). Pergeseran pola perilaku konsumen dalam membeli produk ritel menjadi suatu tantangan sekaligus peluang bagi para pelaku usaha sektor ritel," jelas Kasan.
BACA JUGA:
- Kemendag Akan Serahkan Ribuan Barang Impor Ilegal ke Pabrik untuk Jadi Bahan Bakar
- Kemendag Dorong Bisnis Pertambangan di Indonesia, Berlakukan Relaksasi Ekspor Produk
Kasan mengungkapkan, digitalisasi menjadi keharusan pada era baru pasca pandemi di dalam tatanan perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Berbagai sektor perdagangan harus terus beradaptasi dan berinovasi untuk memanfaatkan situasi saat ini, termasuk ritel modern.
Selain itu, meningkatnya penjualan eceran didorong oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau, serta sub kelompok sandang. Ditambah lagi, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juli 2024 tercatat senilai 123,4.
Angka ini mengalami sedikit penurunan dibandingkan pada tahunlalu sebesar 123,5. Meski demikian, angka tersebut masih berada dalam posisi optimistis terhadap kondisi ekonomi ke depan.
"Dengan melihat potensi konsumsi masyarakat yang masih tinggi dan tingkat penjualan ritel yang masih prospektif, perlu upaya mendorong sektor ritel modern," Terang Kasan.
Sementara itu menurut Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Bappenas, Pande Nyoman Laksmi Kusumawati, saat ini pelaku usaha sektor ritel semakin banyak yang berinvestasi dalam mengembangkan strategi omnichannel guna mendorong terciptanya ekosistem perdagangan digital. Omnichannel adalah strategi yang memadukan penjualan luring dan daring.
"Ritel dengan sarana pemasaran niaga-eljuga diproyeksikan menunjukkan peningkatan penjualan yang kuat yaitu mencapai USD 1,4 triliun pada 2022—2027. Potensi ini diperkirakan datang dari pasar negara berkembang senilai lebih dari 64 persen," Ujar Laksmi.
(Bianca Khairunnisa).