7 Khasiat Alami Kembang Turi untuk Kesehatan Sehari-hari yang Jarang Diketahui, Apa Saja Sih?

Selasa 13-08-2024,13:05 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kembang turi atau Sesbania grandiflora merupakan tanaman yang tumbuh subur di wilayah Asia seperti Indonesia, Malaysia, India, dan Filipina. Bunga satu ini tidak hanya memiliki rupa yang cantik, tetapi juga menyimpan aneka manfaat. 

Selama ini bunga turi dimanfaat sebagai bahan masakan dan obat  tradisional. Kembang turi ini sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Bagaimana tidak, kembang ini kaya akan antioksidan, asam amino, mineral, dan vitamin. 

Kembang turi memiliki cita rasa kuat dan pahit dan dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Di Indonesia, kembang ini biasanya banyak dikonsumsi sebagai tumisan atau lalapan.

Berikut ini ragam manfaat bunga turi untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

BACA JUGA:

Mengobati Sariawan

Kandungan vitamin C dalam bunga turi memberikan keleluasaan bagi yang menderita sariawan. Vitamin C tidak hanya membantu menyembuhkan luka sariawan tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Ambil kulit batangnya, rebus atau remas dalam air, dan gunakan untuk berkumur. Alternatif lain, rebus kulit batangnya dan minum air rebusannya.

Mengobati Disentri

Ambil kulit batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari, rebus dengan 2 gelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum dan Lakukan 2 kali sehari.

Memperkuat Tulang

Kembang turi memiliki kadar kalsium, zat besi, dan vitamin tinggi yang bagus untuk menunjang kesehatan tulang serta mengurangi risiko osteoporosis dan radang sendi pada lansia. Konsumsi daun kembang turi secara teratur untuk mengoptimalkan kepadatan mineral tulang.

Mencegah Penyakit Kanker

Berikutnya, daun dari kembang turi mengandung sifat antioksidan dan anti radang yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu, bunga turi juga dapat melawan sel kanker paru-paru dan mencegah timbulnya kanker usus besar.

Bersifat Antimikroba

Kategori :