7 Khasiat Alami Kembang Turi untuk Kesehatan Sehari-hari yang Jarang Diketahui, Apa Saja Sih?

Selasa 13-08-2024,13:05 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Bagian daun dan bunga dari kembang turi memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang ampuh melawan infeksi jamur dan serangan radikal bebas. Kemudian, bagian akar kembang turi diketahui memiliki efek anti-tuberkulosis.

Meredakan Demam

Kandungan fitosterol pada kembang turi juga diketahui bisa meredakan demam. Fitosterol memiliki sifat antiradang dan antipiretik yang berguna untuk meredakan atau mengurangi demam. Selain itu, kandungan fitosterol di dalam kembang turi juga menunjukkan aktivitas analgesik yang signifikan sehingga efektif untuk meredakan demam.

BACA JUGA:

Hidung berair dan Sakit Kepala

Ambil daun dan bunga turi kemudian tumbuk sampai halus serta tambah setengah gelas air matang, saring dan minum airnya.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kembang Turi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dan fenolik yang terdapat pada kembang turi. Kedua senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kembang Turi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada kembang turi dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bahan alami ini yang lainnya, berhubungan dengan sifat vasodilator. Ini artinya, dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Hal ini sangat berguna, terutama bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Nah itulah, beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari bunga turi. Semoga bermanfaat!

Kategori :