Maia Estianty Tak Permasalahkan Jika Anak-anaknya Nikah Beda Keyakinan, Begini Responnya

Kamis 08-08-2024,12:57 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Baru-baru ini Maia Estianty kembali menjadi perbincangan setelah mengungkapkan pandangannya yang terbuka mengenai pernikahan beda agama. Hal ini disampaikan saat menjadi bintang tamu di YouTube Atta Halilintar baru-baru ini. 

Ibunda dari Al, El, Dul itu menegaskan bahwa dirinya tidak akan menghalangi jika kelak salah satu anaknya memilih untuk menikah dengan pasangan yang berbeda keyakinan dengannya. 

Pada kesempatan podcast dengan Atta Halilintar, Maia Estianty mengungkap tak masalah apabila putranya memiliki pacar beda agama. Video tersebut diunggah ulang oleh akun TikTok @obrolanpodcast. 

"Berarti Bunda tuh pengennya yang seagama gitu ya," tanya Atta. 

BACA JUGA:

"Bukan, kalau aku sih bebas ya, karena sempat kemarin, El Rumi sama orang yang tidak satu syariat," tutur Maia Estianty, dikutip Rabu, 7 Agustus 2024.

Berdasarkan pengetahuan dan pemahamannya, komposer dan produser lagu menjalin hubungan pacaran beda agama diperbolehkan oleh ajaran agama Islam. Maia berharap pendapatnya ini tidak menjadi bahan perdebatan di publik. 

"Sempet kemarin El sama yang tidak satu syariat. Terus aku ditanyakan, loh ini kan beda agama gini gini gini. Kalau setau aku, ada di surat Al-Maidah ayat 5 tuh bahwa laki-laki Islam boleh menikah dengan ahli kitab," imbuh Maia.

"Jangan didebat karena masing-masing punya pemahaman masing-masing," tegasnya. Kendati begitu, Maia Estianty menyerahkan keputusan akhir kepada anak-anaknya. Ia memahami bahwa pernikahan adalah hal yang sangat pribadi dan melibatkan banyak pertimbangan.

"Anak-anakku kan laki-laki, jadi ya aku kembalikan lagi ke ayat itu. Kalau memang jodohnya, memang syariatnya berbeda," ungkapnya. 

BACA JUGA:

Namun, Maia juga mengingatkan anak-anaknya akan tantangan yang mungkin dihadapi dalam pernikahan beda agama. 

"Cuma siap enggak kamu punya pasangan yang berbeda cara? Siap enggak kamu punya pasangan yang nanti punya anak nanti berbeda cara?" tutur Maia Estianty.

Menariknya, ketika ditanya mengenai kesiapan mereka untuk menikah dengan pasangan beda agama, ketiga anak Maia Estianty ternyata belum siap menghadapi perbedaan tersebut. 

"Ternyata anak-anak gue enggak ada yang siap dengan perbedaan itu. Jadi, ya mereka sendiri yang memutuskan," pungkasnya.

Kategori :