5 Pola Makan yang Jadi Penyebab Asam Lambung, Umumnya Disepelekan

Selasa 06-08-2024,16:55 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Kebiasaan makan larut malam adalah salah satu penyebab utama asam lambung. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur mengakibatkan tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan dengan baik sebelum berbaring. 

Posisi berbaring pun membuatnya lebih mudah bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Olehnya itu, berikan jeda setidaknya 2-3 jam antara makan dan waktu tidur. Ini memberi waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik dan mengurangi risiko refluks asam saat beristirahat.

5. Makan terlalu Cepat

Makan dengan tergesa-gesa tanpa mengunyah makanan dengan baik dapat menyebabkan penumpukan gas dan asam di perut. Makan terlalu cepat juga cenderung membuat kamu menelan lebih banyak udara, yang dapat meningkatkan tekanan di perut dan memicu refluks asam. 

Maka, meski hal ini terkesan remeh, tapi meluangkan waktu untuk makan dengan perlahan dan mengunyah makanan dengan baik menjadi hal yang sangat penting. Hal ini tidak hanya membantu pencernaan melainkan juga memungkinkan tubuh untuk merasakan kenyang lebih cepat dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan.

 

Jadi, itulah sejumlah kebiasaan makan yang bisa memicu asam lambung. Jangan diremehkan lagi ya.***

Kategori :