Sepele! Tapi 7 Kebiasaan ini Bahaya Banget untuk Kesehatan, Apa Saja Sih?

Selasa 30-07-2024,12:46 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Beragam aktivitas sehari-hari yang kita sering lakukan akan menjadi kebiasaan. Namun, kebiasaan sepele yang kita anggap baik selama ini, ternyata malah berbahya untuk kesehatan tubuh sendiri.

Kebiasaan-kebiasaan sepele seperti minum sambil berdiri hingga bersin tidak tutup hidung dan masih banyak hal lainnya yang dilakukan, khususnya oleh orang Indonesia.

Kebiasaan-kebiasaan ini sering dianggap sepele oleh orang Indonesia namun sebenarnya sangat mempengaruhi kesehatan tubuh yang berdampak buruk, dan akan kita rasakan nantinya.

Nah, ulasan kali ini akan membahas mengenai hal-hal sepele yang sering diabaikan dan dapat mempengaruhi kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya dalam artikel di bawah ini.

BACA JUGA:

Jarang minum air putih 

Kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi dan gejala-gejala buruk, termasuk kelelahan, sakit kepala, kekebalan yang melemah dan kulit kering. Efek mengerikannya adalah anda bisa terkena batu ginjal serta darah tinggi.

Main gawai sebelum tidur


Ilustrasi orang bermain hp.-Foto: Unsplash.com-

Kebiasaan ini mungkin tanpa disadari kita lakukan sebelum tidur. Padahal, berselancar di internet atau sekedar chatting dengan teman sebelum tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan. Cahaya biru yang dipancarkan oleh gawai, komputer, atau TV dapat mengacaukan tidur Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak jenis cahaya di malam hari dapat menyebabkan kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Penelitian yang sama juga mengatakan bisa meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Sebaiknya Anda mulai menghindari penggunaan gawai sejam sebelum akan pergi tidur. Anda bisa membaca buku sebelum terlelap agar tidur Anda berkualitas.

Minum sambil berdiri

Minum merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting selain makan. Sebagian besar komposisi tubuh manusia adalah air, maka manusia akan bisa bertahan lebih lama jika tidak makan dibandingkan dengan tidak minum. Kurang minum pun dapat membawa dampak buruk bagi tubuh. Tubuh akan menjadi dehidrasi dan akibatnya bisa membahayakan organ tubuh yang lain.

Mencuci semua jenis makanan

Kategori :