Konsumsi Garam Berlebih Dapat Merusak Ginjal? Begini Penjelasannya

Rabu 24-07-2024,13:17 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mengkonsumsi garam secara berlebih dapat merusak ginjal hingga dapat memicu penyakit ginjal kronis. Orang dengan penyakit ginjal kronis disebut-sebut harus menghindari garam. 

Sebab, konsumsi garam dipercaya dapat memperparah kondisi kesehatan ginjal. Menghindari asupan garam dapat dilakukan lewat dengan diet atau pola makan rendah garam. Lantas, apa bahaya garam untuk penderita sakit ginjal? 

Dan benarkah pasien penyakit ginjal harus benar-benar membatasi garam? Simak ulasannya di bawah ini.

Garam atau natrium klorida merupakan mineral esensial yang sangat penting bagi tubuh manusia. Meskipun begitu, konsumsi garam harus tetap diperhatikan dan tidak boleh berlebihan.

BACA JUGA:

Menurut penelitian, konsumsi garam berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk peningkatan tekanan darah dan kerusakan ginjal. Untuk diketahui, batas maksimum konsumsi garam yang dianjurkan adalah 2000 mg natrium/ setara dengan 1 sendok teh per hari.

Seperti yang kita ketahui, garam memiliki kandungan natrium dan sodium, dalam jumlah yang pas garam dibutuhkan untuk mengatur kandungan air dalam tubuh.

Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebih maka dapat menyebabkan hipertensi, gagal ginjal, dan parahnya dapat menyebabkan stroke, hal ini disimpulkan dalam Jurnal of the American Society of Nephrolgy.

Dalam penelitian tersebut para peneliti menguji sampel urin dan hampir 4.000 orang yang menderita penyakit ginjal kronis. Selain itu, mereka meneliti asupan nutrisi harian para partisipan untuk mengetahui pengaruh dari garam dan kalium pada perkembangan penykit.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa rata-rata partisipan mengkonsumsi lebih dari 3700 mg per harinya. Hal ini tentunya melebihi anjuran 2.000 mg per hari.

Asupan garam yang melebihi dari aturan yang telah ditetapkan tentunya dapat mempercepat perkembangan penyakit ginjal kronis.

Pada penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa dari temuan kasus tersebut bisa menjadi aturan baru tentang asupan maksimal harian garam dan kalium bagi penderita penyakit ginjal kronis.

Dapat disimpulkan bahwa penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan gagal ginjal dan bisa menyebabkan resiko penderita terkena penyakit jantung, hingga kematian dini.

BACA JUGA:

Pasalnya, orang dengan penyakit ginjal memiliki organ ginjal yang tidak berfungsi baik. Ginjal yang rusak akan bekerja semakin keras untuk menghilangkan kelebihan natrium dan cairan dari dalam tubuh.

Kategori :