Peringatan Hari Anak Nasional 2024 ke-40 Tahun: Inilah Tema, Makna Logo, dan Sejarah HAN

Selasa 23-07-2024,09:20 WIB
Reporter : Verly
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bertepatan tanggal 23 Juli, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA RI) telah mengabarkan bahwa Indonesia memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2024 dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Dari tema yang diusung pada tahun ini diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang pentingnya melindungi anak-anak sebagai kunci kemajuan dari Bangsa Indonesia di masa depan.

Untuk memperingati Hari Anak Nasional ke-40 tahun di Indonesia, KemenPPPA RI telah resmi merilis logo Hari Anak Nasional 2024, sebagai pedoman dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan.

BACA JUGA:

Tema Hari Anak Nasional 2024

Mengutip dari pedoman Peringatan Hari Anak Nasional 2024 ke-40 tahun dari KemenPPPA RI, ada enam subtema yang diselaraskan dengan tema Hari Anak Nasional yakni "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", yaitu:

1. Anak Cerdas, Berinternet Sehat

Memastikan anak Indonesia paham dan mampu memilah mana yang baik dan tidak baik, yang boleh dicontoh atau tidak, serta mencegah dampak-dampak buruk lainnya yang diakibatkan oleh pengaruh lingkungan digital dan penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi.

2. Suara Anak Membangun Bangsa

Memberikan ruang anak untuk menyampaikan pandangan dan pendapatnya untuk memastikan kebutuhan pemenuhan hak dan perlindungannya dapat dilaksanakan sesuai dengan kepentingan terbaik bagi anak.

3. Pancasila di Hati Anak Indonesia

Di tengah derasnya arus globalisasi dan pengaruh-pengaruh yang dapat mengancam cara pandang dan kondisi Anak Indonesia. Dalam hal ini anak-anak diajak dan diharapkan semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila menjadi bagian dari nilai perjuangan yang harus ditanamkan dan diimplementasikan dalam kehidupan ditengah masyarakat.

4. Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor

Membina keberanian & kepemimpinan pada anak-anak Indonesia agar mereka berani memperjuangkan hak-haknya dan menjadi pelapor terhadap pelanggaran hak anak. Membangun kesadaran anak akan peran mereka sebagai agen perubahan dalam masyarakat.

Kategori :