Kenali Manfaat Vitamin B Complex yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Rabu 10-07-2024,16:18 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Beberapa penelitian menunjukkan, manfaat vitamin B kompleks dapat membantu mencegah serangan migrain kambuh. Menurut ahli, peran vitamin B terutama jenis B2, B6, B9, dan B12 dapat membantu mencegah migrain. Salah satunya dengan memengaruhi disfungsi mitokondria di tingkat sel. Dengan begitu, frekuensi migrain bisa berkurang secara signifikan. Vitamin B kompleks termasuk vitamin larut air. Artinya, jenis vitamin ini tidak bisa disimpan di dalam tubuh.

BACA JUGA:

6. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Manfaat vitamin B kompleks selanjutnya adalah bermanfaat bagi ibu hamil atau menyusui. Sebab, vitamin ini dapat membantu perkembangan otak janin, sekaligus mengurangi risiko cacat lahir. Bagi orang yang sedang hamil, vitamin B kompleks juga dapat memberikan berbagai manfaat lain. Mulai dari membantu tubuh mengelola tingkat energi, meredakan mual, dan menurunkan risiko berkembangnya preeklampsia. 

7. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Beberapa jenis vitamin B, khususnya B12 berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Nah, sel darah merah yang sehat tentunya tubuh butuhkan untuk mengalirkan oksigen ke setiap bagian tubuh manusia. Jika terjadi kekurangan sel darah merah, vitamin B12 akan mendorong produksi sel darah merah yang cukup. Selain itu, vitamin B2 dan B9 juga tubuh butuhkan untuk produksi dan pertumbuhan sel darah merah. Sementara itu, jenis vitamin B lainnya, yaitu B5 berperan dalam membantu mengurangi jumlah kolesterol yang tubuh produksi tubuh. 

8. Membantu Mencegah Kanker Kulit 

Manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan juga bisa membantu mencegah kanker kulit, khususnya melanoma. Selain itu, konsumsi vitamin B kompleks juga dapat membantu penderita kanker dalam melawan perkembangan penyakitnya. Itulah beberapa manfaat dari Vitamin B Complex yang bagus untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait manfaat vitamin B complex yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Kategori :