Waspada! 5 Dampak Negatif Jika Kecanduan Media Sosial, Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Jumat 17-05-2024,12:16 WIB
Reporter : Verly
Editor : Putri Indah

Apalagi jika curhatanmu direspon oleh pengguna akun yang sama baik yang berteman maupun yang tidak berteman untuk memberikan tanggapan berupa simpati. 

Perlu disadari bahwa apa yang terjadi di dunia maya tidak membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi. Hal terburuk adalah ungkapan yang bernilai negatif justru membawa pengaruh buruk untuk nama baik kamu. 

Ungkapkan isi hati kamu secara langsung kepada sahabat atau keluarga,  sosialisasikan dari hati ke hati. Hal ini lebih melegakan dan membantu daripada berteriak di social media.

BACA JUGA:

3. Penghancur Mood

Setiap orang memiliki emotion-contagion dalam dirinya, yakni kondisi ketika kamu merasakan emosi seseorang menular secara tiba-tiba.

Terlebih ketika kamu membaca sebuah post yang mengarah hal atau informasi negatif dari seorang teman tanpa sadar kitapun akan merasa kesal. Tak jarang orang mudah terbawa suasana oleh informasi yang beredar di sosial media.

Menjaga lingkungan social media merupakan cara yang bijak untuk mengatasi masalah ini. Hindari konten-konten yang mengarah pada hal atau informasi negative yang bisa menjadi penghancur mood. 

4. Gangguan Penglihatan

Menatap cahaya terang dalam waktu berjam-jam dapat merusak mata. Dr. Richard Shugarman dari Bascom Palmer Eye Institute menyatakan, ketika mata terlalu sering terpapar layar terang maka daya penglihatannya akan berkurang. 

Gejalanya dimulai dari mata terasa kering, penglihatan kabur, dan kepala terasa sakit. Selain mengurangi intensitas penggunaan gadget, solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengatur brightness layar serendah mungkin.

5. Selalu Merasa Tidak Puas

Pernahkah kamu merasa cemburu ketika seorang teman membagikan foto sedang berlibur di pantai, sebuah resort, atau pesta dengan makanan mewah? Bila iya artinya mungkin kamu mulai sulit untuk mensyukuri apa yang kamu miliki. 

Membandingkan kehidupan kamu dengan kawan di dunia maya bukanlah hal yang bijak. Satu hal yang perlu diingat adalah di social media, seseorang selalu ingin tampil menjadi terbaik. 

Apa yang kamu lihat di layar belum tentu seindah aslinya. Temukan kebahagiaan versi diri kamu sendiri, cobalah untuk menjadi diri sendiri ketika tampil di dunia maya.

Kategori :