Doa untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Lengkap dengan Terjemahan

Minggu 31-03-2024,12:06 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Lebrina Uneputty

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang dinantikan seluruh umat muslim pada bulan Ramadan. Lailatul Qadar adalah malam agung diturunkannya Al-Qur'an.

Malam itu sangat istemewa karena lebih baik dari seribu bulan (83 tahun 4 bulan). 

Mayoritas ulama berpendapat bahwa Lailatul Qadar turun pada salah satu malam di sepertiga akhir (10 terakhir) bulan Ramadan.

Meskipun kepastian kapan turunnya malam Lailatul Qadar tidak ada yang bisa memastikannya, para ulama sudah berusaha memprediksikan kapan terjadinya. 

Dilansir dari laman NU Online, terdapat hadist yang diriwayatkan Abu Dawud ketika Rasulullah SAW ditanya soal Malam Lailatul Qadar. Beliau menjawab:

"Lailatul Qadar ada pada setiap bulan Ramadhan." (HR Abu Dawud). 

BACA JUGA:

Doa malam Lailatul Qadar

Mengutip dari laman NU Online, doa malam Lailatul Qadar ini diambil berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ  تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Adapun bunyi hadits riwayat Imam At-Tirmidzi adalah sebagai berikut:

عَنْ عائشة رضي الله عنها: قالت: «قلت: يا رسولَ الله إِنْ وَافَقْتُ ليلةَ القَدْرِ ، ما أَدْعُو به؟ قال: قُولي: اللهم إنك عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُ الْعَفْوَ فاعْفُ عَنِّي» أخرجه الترمذي

Artinya: Dari sayyidah Aisyah ra., ia bercerita, ia pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku kedapatan menjumpai Lailatul Qadar, bagaimana doa yang harus kubaca?’ Rasulullah saw. menjawab, “Bacalah, ‘Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī.” (HR. At-Tirmidzi)

Kategori :