8 Manfaat Tanaman Okra Hijau yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Senin 08-07-2024,13:01 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Dimas Satriyo

Menghilangkan Rasa Lelah

Jika Anda memiliki aktivitas yang padat, cobalah untuk mengonsumsi okra hijau secara rutin. Penelitian, mengungkakan bawah mengonsumsi okra hijau secara rutin bermanfaat untuk menghilangkan rasa lelah dengan cepat. Untuk mendapatkan manfaat okra hijau ini, Anda dapat memasukkan okra hijau ke dalam menu makanan sehari-hari agar Anda lebih berenergi.

 

Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah okra hijau bisa dirasakan bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan adanya serat larut yang ada dalam okra dapat membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan tingginya risiko stroke serta penyakit jantung. Menurut Harvard Health Publications, serat dapat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga lemak tersebut ikut dicerna bersama dengan makanan lainnya. Rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh, pembuluh darah bisa mengalirkan darah dengan baik dan risiko terkena stroke dan penyakit jantung bisa dihindarkan.

BACA JUGA:

Cegah Anemia

Manfaat buah okra hijau untuk kesehatan selanjutnya dapat dijadikan sebagai pencegah anemia. Caranya dengan rutin mengonsumsi buah okra hijau. Kebiasaan mengonsumsi buah okra hijau akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

 

Mengandung Antioksidan yang Baik 

Dilansir dari Healthline, okra mengandung banyak antioksidan yang baik bagi kesehatan. Ini adalah senyawa dalam makanan yang menangkis kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan utama dalam okra adalah polifenol, termasuk flavonoid dan isoquercetin, serta vitamin A dan vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi polifenol dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan risiko pembekuan darah dan kerusakan oksidatif. Polifenol juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak karena kemampuannya yang unik untuk masuk ke otak Anda dan melindungi dari peradangan.

 

Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah okra hijau lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Manfaat ini didapat karena jumlah vitamin C serta zat antioksidan okra hijau yang tinggi. Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih yang menjadi komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sementara, zat antioksidan berperan dalam menghancurkan semua radikal bebas yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Kategori :