Heboh! Anggota KPPS Ramai Pertanyakan Honor Pelantikan dan Bimtek KPPS 2024, Begini Kata KPU

Minggu 28-01-2024,16:03 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dery Sutardi

BACA JUGA:KPU: Presiden dan Menteri Wajib Cuti untuk Kampanye Tanpa Fasilitas Negara

BACA JUGA:Bawaslu Kesulitan Awasi Dana Kampanye, KPU Diminta Buka Akses Sikadeka

Apakah Bimtek Dapat Honor? 

Anggota KPPS yang melaksanakan bimtek berhak mendapatkan uang di luar gaji alias honorarium (honor). 

Perlu diketahui bahwa honor bimtek KPPS 2024 ini berbeda dengan gaji KPPS yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Honor bimtek KPPS 2024 berupa uang saku atau uang pengganti biaya transportasi. 

Menurut Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mansel, Eduard Kareth, pemberian uang saku bagi KPPS pada saat mengikuti bimtek sudah sesuai sesuai dengan standar biaya masukan, PMK Nomor 78/PMK.02/2019. Pembiayaan honor bimtek KPPS dilakukan berdasarkan standar APBN. 

Para anggota KPPS berhak memperoleh uang saku atau uang transportasi karena bimtek berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab mereka selama menjabat. 

Honor bimtek KPPS 2024 mengikuti kebijakan KPU setiap daerah. Sebagian daerah mungkin memiliki kebijakan memberi uang saku dan makan. 

Namun, ada juga daerah yang hanya memberi uang saja, termasuk uang makan. Besaran uang saku atau uang pengganti transportasi bimtek KPPS juga berbeda-beda.

Bisa disimpulkan, bahwa yang diperoleh oleh anggota KPPS saat mengikuti Bimtek adalah uang transportasi atau uang saku. Pemberian uang saku atau transportasi itu juga bisa disertai makan siang, snack atau lainnya sesuai kebijakan KPU daerah.

Kategori :