Tambah Wawasan! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

Rabu 29-11-2023,08:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

Selain itu juga karena untuk bergerak mobil menggunakan sepasang roda bagian belakang, maka untuk sepasang roda bagian depan menjadi akan lebih awet daripada sepasang roda bagian belakang.

2. Handling mobil lebih baik

Kelebihan yang kedua adalah handling mobil lebih baik. Dalam dunia otomotif, handling adalah kemampuan mobil dalam merespon dan bereaksi terhadap apa yang dilakukan pengemudi, mulai dari melakukan akselerasi, mengerem, sampai berbelok.

BACA JUGA:

Handling yang lebih baik karena terbaginya fokus tugas dari masing-masing roda mobil. Untuk dua roda mobil bagian depan fokus pada arah kemudi, sementara dua roda bagian belakang fokus sebagai penggerak, sehingga beban kerja dapat terbagi secara lebih sempurna.

3. Komponen kendaraan lebih awet

Kelebihan selanjutnya adalah usia komponen lebih awet. Hal ini karena mulai pembagian berat mobil yang seimbang dan fokus tugas dari masing-masing roda yang terbagi dengan lebih baik, maka untuk komponen seperti suspensi, dan komponen kaki-kaki mobil nya menjadi lebih awet.

Berbeda dengan mobil FWD yang mana sistem penggerak berada di depan dan berada di bawah mesin, maka untuk komponen seperti suspensi depan mobil tentunya akan bekerja dengan lebih keras.

4. Kuat dalam medan menanjak

Kelebihan yang paling sering diketahui orang-orang dari mobil RWD dibandingkan mobil FWD adalah sistem mobil RWD lebih kuat saat melalui medan perjalan yang menanjak.

Hal ini karena karena sistem penggerak roda berada pada bagian belakang mobil, ban mobil bagian belakang tidak akan mudah kehilangan traksi saat melalui jalan menanjak sehingga mobil akan lebih mudah melewati jalan tersebut.

5. Biaya perawatan lebih murah

Kelebihan yang terakhir adalah biaya perbaikan lebih murah jika membandingkannya dengan mobil FWD. Sebagai contoh, komponen kaki-kaki mobil akan lebih aman ketika mobil terpaksa harus menghantam lubang di jalan karena tidak langsung menghantam lubang tersebut.

BACA JUGA:

Kekurangan Penggerak Roda Belakang atau RWD

Setelah kita mengetahui kelebihan dari penggerak roda belakang, tentunya ada kekurangan juga yang perlu kita ketahui. Kekurangan RWD akan menjadi pembanding yang dibutuhkan dalam memilih jenis kendaraan yang dibutuhkan. berikut ini kekurangan dari RWD, seperti:

Kategori :