Kemendikbud Angkat Bicara soal Ijazah Gibran, Benarkah Hanya Ijazah Kursus?

Minggu 26-11-2023,09:50 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Polemik soal Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka belum juga usai. Bermula dari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dianggap menguntungkan putra Presiden Jokowi itu sampai dengan terkini soal ijazah kelulusan setara S1 yang di ragukan oleh para pengkritiknya di media sosial.

Bermula dari unggahan dr Tifa @DokterTifa di Twitter (X) yang meragukan ijazah S1 Walikota Solo ini. 

“Saya disuruh @gibran_tweet analisa foto ini. OK. Insearch UTS, program persiapan masuk University Technology Sidney. Dia keluarkan Sertifikat Kursus atau yaaa setara D1 lah. Artinya ‘Wisudawan’ adalah penerima sertifikat kursus, bukan Ijazah Bachelor/Sarjana UTS,” ungkap Dokter Tifa.

Jagat Twitter mulai mempertanyakan ijazah putra sulung Presiden Jokowi ini. Menanggapi hal itu, Gibran tampak membawa dua dokumen ke kantornya di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin pagi. Dua dokumen itu kemudian diperlihatkan kepada wartawan.

BACA JUGA:

Dokumen itu adalah surat keterangan dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Surat itu berisi tentang "Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri atas Nama Gibran Rakabuming Raka".

Dalam surat keterangan itu, Gibran mendapatkan gelar Bachelor of Science (BSc) dalam bidang studi marketing. Kemudian dokumen kedua adalah ijazah Gibran yang diperoleh dari Universitas Bradford. Ijazah dikeluarkan pada tanggal 13 November 2010 di Singapura.

Gibran mengatakan, alasan dirinya menunjukkan ijazah aslinya tersebut agar tidak berlarut-larut dipermasalahkan. Menurut Gibran, tuduhan soal ijazah palsu tak merugikan dirinya. Justru sebaliknya ia anggap sebagai lucu-lucuan.

"Biar cepat selesai. Iya kan ijazahnya kalau palsu harusnya dipermasalahkan dari awal waktu pendaftaran ya. Monggo tak bawakan ijazahnya," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Adanya isu itu langsung dikonfirmasi oleh Plt. Dirjen Pendidikan, Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam, agar tidak menjadi polemik yang panjang.

Dia menegaskan, Gibran sudah memiliki ijazah yang asli dari University of Bradford Singapura. Gibran lulus dengan gelar Bachelor of Science, bidang studi marketing pada 13 November 2010.

"Bachelor (Sarjana) Gibran dari Singapura," kata Prof. Nizam saat dikonfirmasi media, Senin, 20 November 2023.

Dia melakukan penyetaraan ijazah di dalam negeri 9 tahun setelah lulus. Kelulusan Gibran S1 di Singapura juga terlihat dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tentang Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Atas Nama Gibran Rakabuming Raka.

Surat dengan nomor 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019 itu menyatakan, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford telah disetarakan dengan Sarjana.

Kategori :