Cobain Masakan Khas Lombok yang Enak dan Kaya Rempah, Fix Bikin Kalian Nagih

Kamis 19-10-2023,06:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

Lombok mempunyai makanan layaknya nasi kucing atau nasi rames khas Jawa, yaitu Nasi Balap Buyung. Nama lain dari makanan ini adalah nasi puyung, merupakan merupakan hidangan berbahan nasi putih dengan ayam goreng, suwiran abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur berupa kacang panjang atau buncis sebagai lauk pendampingnya. 

Buat kalian para wisatan menu ini cocok banget jadi menu sarapan atau pengganjal lapar saat malam hari.

12. Nasi Campur Lombok

Nasi Campur ini sendiri sedikit berbeda dengan Nasi Balap terutama dari lauk serta sayur yang jadi teman makan bersama nasi.

Nasi Campur Lombok sendiri umumnya berisi Sate Pusut sejenis sate lilit, ayam goreng, beberuk atau sayuran pedas, tempe dan lainnya. Terkadang juga terdapat tambahan perkedel ataupun bakwan jagung yang kemudian akan menambah rasa nikmat.

13. Sambal Beberuk Terung

Yang menarik dari sambal ini adalah komposisi bahannya terdiri dari sayur-sayuran segar, seperti potongan terung bulat, tomat, dan kacang panjang dengan siraman sambal cabai merah yang pedas. Cara paling enak menikmati sambal beberuk terung adalah dengan menyantapnya bersama ayam taliwang atau hidangan seafood.

Bahan untuk membuatnya antara lain terong, bawang merah, tomat, cabe rawit, garam, gula pasir, minyak, dan air. Rasanya merupakan perpaduan antara pedas, manis, asam yang begitu segar di lidah.

14. Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut biasa dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Seperti namanya, dodol rumput laut terbuat dari rumput laut yang sehat. Untuk kamu yang berkunjung ke Lombok, jangan lupa mampir untuk membeli kuliner khas Lombok satu ini.

15. Kue Keciput

Bekel  oleh-oleh makanan ringan khas Lombok yang gurih serta enak, maka Kue Keciput Lombok dapat menjadi pilihan yang tepat. Kue Keciput sendiri sekilas terlihat seperti onde-onde namun dengan ukuran yang lebih kecil dan tak memiliki isian.

Selain itu, tekstur dari Kue Keciput ini juga sangat renyah, sehingga sangat cocok untuk dapat kamu nikmati sambil bersantai minum kopi. Kue Keciput juga dapat kamu temukan di Kudus dengan bentuk yang sedikit berbeda. ***

Kategori :