Cobain Masakan Khas Lombok yang Enak dan Kaya Rempah, Fix Bikin Kalian Nagih

Kamis 19-10-2023,06:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

Lagi salah satu makanan khas Lombok yang patut dicoba yaitu sate bulayak. Mencicipi nikmatnya perpaduan rempah dalam potongan daging sapi yang tersaji pasti bikin kalian rindu.

Sate ini berbeda dari kebanyakan sate lainnya karena bumbu sate bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan, sehingga cita rasanya menyerupai bumbu kari.

BACA JUGA:

Bulayak sendiri artinya lontong, bentuknya spiral yang dibungkus dengan daun aren serta memiliki bentuk memanjang seperti celorot. Cara membukanya pun unik karena harus mengikuti ulir daun arennya.

8. Sate Tanjung

Sate tanjung merupakan kuliner khas Lombok yang cukup unik. Jika biasanya sate terbuat dari daging sapi, kambing, atau ayam, sate tanjung terbuat dari ikan cakalang atau langoan yang terendam di dalam bumbu, sehingga kemudian lebih meresap. Sate tanjung memiliki citarasa gurih dari rempah-rempah khas Lombok.

Bumbu satenya terdiri dari santan, merica, bawang putih serta lainnya sehingga rasa daging ikan kemudian menjadi semakin gurih dan nikmat. Sate Tanjung biasanya dinikmati selagi masih panas dan didampingi dengan lontong atau nasi. Sate tanjung memiliki citarasa gurih dari rempah-rempah khas Lombok.

9. Sate Rembige

Sate rembige merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang terkenal. Sate rembige terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan bumbu-bumbu sedap yang dapat membuat lidah pengunjung bergoyang.

BACA JUGA:

Nama Rembige sebenarnya merupakan salah satu nama daerah di Rembige. Namun, orang-orang yang berkunjung biasa menyebutnya sate rembige.

Untuk membuatnya sendiri pertama potong dan lembutkan daging sapi kemudian bungkus dengan daun pepaya. Setelahnya, siapkan bumbu halus seperti bawang, kecap, cabai, terasi, ketumbar, asam jawa, dan gula merah. Marinasi bumbu ini pada daging, kemudian bakar sate hingga matang.

10. Sate Pencok

Sate Pencok termasuk ke dalam sate Khas Lombok yang sangat unik karena terdapat dua varian yang dapat kamu coba. Pertama adalah versi original Sate Pencok yang menggunakan kulit sapi ataupun kikil serta versi kedua yang mengganti kikil dengan menggunakan sagu.

Kenikmatan pada sate pencok dan juga tekstur kenyal dari kikil serta tepung sagu ini berasal dari bumbu pelalah. Bumbu ini juga terbuat dari santan, cabai, kemiri, kencur, laos, serta bumbu dapur lainnya, sehingga kemudian memberi rasa gurih pedas yang pas.

11. Nasi Balap Buyung

Kategori :