Cobain Masakan Khas Lombok yang Enak dan Kaya Rempah, Fix Bikin Kalian Nagih

Kamis 19-10-2023,06:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

Plecing Kangkung adalah salah satu masakan khas Lombok yang biasanya jadi hidangan yang menemani ayam taliwang. Masakan memiliki cita rasa pedas, segar, dan gurih. Dan biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Rahasia kesegaran Plecing Kangkung khas Lombok ini juga terletak pada bumbu sambal dari cabai rawit, garam, tomat, serta terasi udang Lombok.

Perlu diketahui juga, kangkung Lombok berbeda dengan kangkung yang ada pada umumnya. Keunikannya kangkung pada masakan ini merupakan jenis kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu. Sehingga menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

BACA JUGA:

4. Sayur Ares

Selain batang bambu muda alias rebung yang bisa diolah jadi sayur lezat, pelepah pisang juga bisa lho disulap jadi masakan enak oleh masyarakat Lombok! Makanan ini bernama sayur ares. Sayur Ares sebagai salah satu masakan khas Suku Sasak yang bisa kamu temukan di Lombok dan juga Bali.

Sayur yang dimasak dari pelepah (batang pisang muda) dengan santan bumbu merah serta tulang atau daging ayam. Sayur ini memiliki nama lain jukut ares dan kerap disantap saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh.

Untuk menambah kenikmatan pada masakan sayur ares, terkadang sering ditambahkan daging untuk menambah selera makan.

5. Kelaq Batih

Kelaq Batih termasuk di antara salah satu masakan sayur khas Lombok yang sudah mulai jarang ditemukan meski memiliki rasa yang khas dan nikmat. Sayur ini sendiri terbuat dari biji kacang buncis tua yang kemudian dimasak bersama dengan daun singkong muda dengan kuah bumbu ragi beleq.

BACA JUGA:

Rasa pedas dari bumbu ragi beleq bisa memberikan citarasa yang khas dan pastinya sangat nikmat untuk disantap bersama nasi hangat. Sayur ini sendiri hanya dapat kamu nikmati di rumah makan khas Lombok tertentu karena sudah sulit untuk dijumpai.

6. Kelaq Sebie

Kelaq Sebie atau dikenal juga sebagai Sayur Cabai serta sayur terpedas yang ada di Lombok karena berbahan dasar cabai rawit. Selain menggunakan cabai rawit, Kelaq Sebie umumnya ditambahkan dengan ikan seperti ikan tongkol atau potongan terung meski tak sebanyak cabainya.

Bumbu yang digunakan juga tergolong mudah untuk didapat diantaranya ada bawang putih, bawang merah, terasi serta santan. Untuk memasaknya sangat mudah, pertama tumis bumbu halus kemudian masukan cabai dan santan lalu masak hingga santan menyusut serta menjadi lebih kental.

7. Sate Bulayak

Kategori :