Kenali Tanda-tanda Terkena Batu Ginjal, Perhatikan Aktivitas Buang Air Kecil

Minggu 03-09-2023,20:44 WIB
Reporter : Dery Sutardi
Editor : Dery Sutardi

JAKARTA, RADARPENA - Batu ginjal merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh dunia. Batu ini terbentuk dari kristal-kristal mineral yang berkumpul dalam ginjal dan saluran kemih. 

Ketika batu ginjal terbentuk, mereka dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan masalah kesehatan lainnya. 

Penting untuk mengenali tanda-tanda tubuh terkena batu ginjal agar dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam penanganannya.

BACA JUGA:Gopay Pinjam: Begini Persyaratan Serta Cara Aktivasi Gopay Pinjam, Cek Disini

Tanda-Tanda Terkena Batu Ginjal

1. Nyeri Pinggang: 

Salah satu tanda paling umum dari batu ginjal adalah nyeri yang terlokalisasi di bagian bawah tulang rusuk belakang atau di sisi yang sama dengan ginjal yang terkena. 

Nyeri ini dapat datang secara tiba-tiba dan bersifat tumpul atau tajam. Nyeri pinggang sering kali berpindah-pindah atau terasa seperti gelombang.

2. Nyeri Saat Buang Air Kecil: 

Ketika batu ginjal mulai bergerak atau turun ke saluran kemih, mereka dapat mengiritasi dan menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Rasa sakit ini sering kali terasa di perut bagian bawah atau panggul.

3. Darah dalam Urin: 

Batu ginjal yang besar atau tajam dapat merusak dinding saluran kemih atau ginjal, menyebabkan darah muncul dalam urin. Urin dapat menjadi merah, merah muda, atau cokelat karena adanya darah.

BACA JUGA:Janji Prabowo Jika Terpilih Jadi Presiden di 2024: Stop Impor Energi hingga Hilirisasi Kelapa Sawit!

4. Seringnya Buang Air Kecil: 

Batu ginjal dapat menghambat aliran urin atau mengiritasi kandung kemih, yang dapat menyebabkan rasa ingin buang air kecil yang lebih sering. 

Kategori :