Ketahui semua Hal Tentang Buaya yang Jarang Diketahui Orang

Selasa 29-08-2023,08:00 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

Fakta Tentang Buaya - Buaya adalah hewan reptil yang buas dan terkenal sangat berbahaya. Dalam mengintai mangsanya, buaya sanggup berdiam diri seperti kayu yang mengambang di air menunggu mangsanya mendekat.

Terdapat beberapa jenis buaya di dunia, seperti buaya air tawar, buaya air asin, aligator, dan kaiman.

Buaya dan Aligator kerap dianggap sama, namun pada kenyataanya buaya dan aligator adalah spesies yang berbeda.

Salah satu perbedaannya terlihat pada mulutnya, Pada buaya, moncongnya terlihat lebih panjang dan berbentuk V, sedangkan aligator memiliki moncong yang lebar.

Buaya tersebar di wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Habitatnya banyak ditemukan di berbagai perairan seperti sungai, danau raawa-rawa dan muara.

Buaya adalah pemakan daging atau karnivora. Buaya hampir memangsa semua hewan yang ditemukan, seperti rusa, burung, ikan. Biasanya buaya menunggu mangsanya mendekat, kemudian menyerangnya secara tiba-tiba.

Buaya memiliki sistem pencernaan yang unik. Perutnya memiliki kemampuan mencerna semua jenis makanan yang masuk, seperti tulang, kulit, rambut dan lainnya.

Asam lambung di perut buaya yang kuat dapat menghancurkan hampir semua bagian dari binatang yang ditelannya.

Hewan berdarah dingin ini berkembang biak dengan cara bertelur, betina yang akan menjaga telurnya sampai menetas.

Buaya lebih aktif pada pagi hari hingga petang, mereka seringkali ditemukan berjemur dibawah terik matahari, hal ini dilakukan untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Buaya memiliki penglihatan yang baik di dalam air, kelebihannya adalah buaya memiliki selaput yang melindungi matanya saat berenang.

Hewan buas ini masih dianggap berbahaya untuk manusia. Serangan buaya terhadap manusia terjadi ketika manusia memasuki teritorialnya.

Perbedaan Buaya dan Aligator

Buaya dan aligator seringkali dianggap binatang yang sama, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan penting.

Berikut ini adalah perbedaan antara buaya dan aligator:

Kategori :