Mengulik Manfaat Daun Pepaya Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Simak Selengkapnya

Sabtu 19-08-2023,20:00 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Dimas Satriyo

Manfaat Daun Pepaya - Daun pepaya merupakan daun yang berasal dari tumbuhan pepaya (Carica papaya). Daun pepaya muda kerap diolah menjadi sayuran di beberapa daerah di Indonesia.

Rasa pahit pada daun pepaya dapat dihilangkan dengan cara merebus daun pepaya bersama dengan daun jambu klutuk/jambu biji, dan daun singkong dengan perbandingan 200 gram daun pepaya, 200 gram daun singkong dan 50 gram daun jambu biji.

Daun pepaya mudah dikenali dan dipahami. Daun ini tunggal, besar, dan memiliki bagian-bagian lengkap seperti tangkai, helaian, dan upih.

Bentuknya bulat seperti bola dengan ujung meruncing. Tangkainya panjang dan berongga. 

BACA JUGA:

Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan

Berikut ini manfaat daun pepaya yang dilansir dari berbagai sumber :

Manfaat Daun Pepaya 

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat dari daun pepaya yang pertama yaitu daun pepaya ini secara alami mampu melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mempunyai kandungan lebih dari 50 bahan termasuk vitamin AC, dan E yang menunjang sistem kekebalan tubuh.

  • Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Pengobatan tradisional di Negara Meksiko sering memanfaatkan daun pepaya sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi.

Daun pepaya memiliki kemampuan untuk melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan juga kematian dini.

  • Menjaga Kesehatan Kulit 

Mangaat daun pepaya selanjutnya yaitu bisa untuk kesehatan lainnya yakni menjaga kesehatan kulit. Daun pepaya bisa menjaga kulit tetap bersih dan cerah. Saat dioleskan ke kulit, daun pepaya bisa memberikan kelembaban, mencegahnya kering dan pecah-pecah.

Sifat antioksidan dalam daun pepaya bisa juga membantu memperlambat proses penuaan. Daun pepaya secara keseluruhan bermanfaat untuk kesehatan kulit dalam segala hal. 

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Daun pepaya mengandung enzim papain dan karpain yang dapat membantu mengurai protein dalam makanan dan membantu pencernaan.

Selain itu, kandungan serat pada daun pepaya juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan meredakan masalah pencernaan seperti kembung, diare, dan sembelit.

Untuk mengolahnya, rebus daun pepaya dengan air hingga mendidih dan minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

BACA JUGA:

Kategori :