Simak Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Secara Efektif Dan Alami Tanpa Meminum Obat

Sabtu 15-07-2023,20:17 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

5. Memperbaiki Pola Makan

Saat menstruasi, hindari dan batasi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan perut kembung hingga kelebihan cairan tubuh, seperti makanan berlemak, makanan asin, kafein, alkohol dan soda.

BACA JUGA:Ketahui! Gejala Penyakit Asma Serta Cara Pengobatannya

Memperbaiki pola makan ketika menstruasi dinilai dapat mengurangi rasa nyeri dan kram menstruasi. Perbanyak mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya asam lemak omega-3, buah, sayur, kacang-kacangan, protein tanpa lemak dan biji-bijian membantu tubuh tetap sehat.

6. Olahraga ringan selama 30 menit

Olahraga tetap dianjurkan di hari pertama atau kedua menstruasi agar aliran darah tetap lancar dan terhindar dari kram perut ekstrim. Dokter menyarankan olahraga intensitas ringan selama 30 menit sehari. Anda bisa berjalan santai, kardio ringan, yoga, bahkan berenang. Olahraga dapat melepaskan hormon endorfin yang meluruhkan rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Selepas Anda bergerak, tentunya tubuh menjadi lebih segar.

7. Hindari stres berlebihan

Sangat wajar apabila wanita sering memikirkan segala hal dengan berlebihan. Namun, tetap hati-hati karena pikiran yang berlebihan dapat memicu stres. Bagi wanita yang sedang haid, stres berdampak pada nyeri dan kram perut karena dorongan hormon kortisol di uterus. Untuk itu, yuk coba buat pikiran Anda menjadi lebih rileks dengan perbanyak istirahat, meditasi, atau latihan mengelola pernapasan. 

BACA JUGA:Wedang Jahe Minuman Tradisional Berkhasiat Obat

8. Hindari kopi, alkohol, dan rokok

Mengkonsumsi kafein pada kopi, alkohol, dan rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah saat Anda tengah haid. Lebih lanjutnya lagi, otot perut ikut menegang dan meninggalkan rasa sakit dan kram. 

9. Istirahat cukup

Penurunan kerja hormon progesteron secara drastis pada masa menstruasi membuat Anda merasa lemas dan tidak nyaman untuk melakukan apapun. Pengaruhnya juga berdampak pada kualitas tidur. Maka dari itu, penting sekali untuk istirahat dengan tidur cukup.

Perhatikan juga posisi tidur yang mampu meredakan nyeri kram perut agar Anda terasa nyaman. Posisi fetal, yaitu tidur menyamping dengan kaki menekuk seperti janin dalam perut ibu, bisa dicoba untuk menekan rasa sakit dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. 

BACA JUGA:Obat Herbal Asam Urat Ini Dijamin Ampuh Untuk Sembuhkan Asam Uratmu

10. Kismis Dan Saffron

Kategori :