Apa Itu Micellar Water ? Berikut Manfaat Dan Fungsinya

Jumat 14-07-2023,13:49 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Micellar water  adalah produk pembersih wajah berbahan dasar air. Umumnya, di dalam produk ini juga terkandung gliserin dan molekul surfaktan (SLS) yang disebut dengan  micelles . Penggunaan  micellar water  merupakan tahap pertama dalam proses  double cleansing .

Fungsi utama  micellar water  adalah untuk mengangkat kotoran, debu, dan sisa  make up  yang menempel pada kulit wajah. Penggunaan produk ini akan membuat proses  membersihkan wajah  menjadi lebih maksimal karena mampu menjangkau hingga lapisan kulit yang lebih dalam

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari pemakaian  micellar water:

    Menghidrasi kulit wajah
Bagi Anda pemilik kulit kering, sepertinya perlu menambahkan  micellar water dalam rangkaian  skincare anda. Pasalnya, produk ini dapat membersihkan kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering.

BACA JUGA:Micellar Water: Solusi Ajaib untuk Kulit Bersih dan Sehat

Hal ini berkat senyawa gliserin yang terbukti mampu menjaga kelembapan kulit dengan efektif. Bahan aktif surfaktan pada produk ini juga tergolong ringan dan tidak menyebabkan iritasi, sehingga menjadikannya pilihan tepat bagi anda yang memiliki  kulit wajah kering

    Menghilangkan komedo

Adanya  komedo  putih atau  whitehead  pada kulit wajah tentu dapat mengganggu penampilan. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda bisa  secara rutin memakai  micellar water . Produk ini mampu menganggat sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori dan tidak meninggalkan residu minyak setelah penggunaannya.

    Mencegah jerawat
Selain menghilangkan komedo, rutin memakai  micellar water juga dapat mencegah munculnya jerawat. Pasalnya, komedo yang tidak teratasi bisa terinfeksi dan meradang, sehingga dapat berkembang menjadi jerawat.

BACA JUGA:Infused Water: Meningkatkan Kesehatan dengan Minuman yang Menyegarkan

Meski penelitian terkait manfaat ini masih terbatas, namun beberapa riset telah mengungkapkan bahwa membersihkan wajah dengan produk yang ringan, seperti  micellar water, dapat  mencegah jerawat.

    Mengurangi risiko iritasi kulit
Micellar water  tergolong aman untuk Anda gunakan karena sebagian besar produk ini tidak mengandung bahan-bahan yang dapat  mengiritasi kulit, seperti alkohol,  paraben, sulfat, pewangi, dan pewarna.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa  micellar water dapat membersihkan dan melembapkan kulit, tanpa membuat kulit berisiko mengalami iritasi.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Manfaat Dari Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah

Selain untuk membersihkan wajah,  micellar water  juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan kuas  make up .

Caranya, cukup rendam kuas pada wadah berisi  micellar water  selama beberapa menit. Sesekali putar-putar kuas untuk meluruhkan kotoran yang menempel. Setelah itu, keringkan dengan tisu atau handuk bersih.

Bila anda masih memiliki pertanyaan terkait  micellar water  atau ingin memastikan keamanan penggunaannya pada kulit anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan  dokter.***(dms)

Kategori :