Mudahkan Pelayanan Bagasi Penumpang, KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan Aplikasi E-Porter

Mudahkan Pelayanan Bagasi Penumpang, KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan Aplikasi E-Porter

KAI Daop 1 Jakarta meluncurkan fitur inovatif untuk memudahkan layanan bagasi penumpang, yaitu E-Porter melalui aplikasi Access by KAI.-Disway/Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - KAI Daop 1 Jakarta meluncurkan fitur inovatif untuk memudahkan layanan bagasi penumpang, yaitu E-Porter melalui aplikasi Access by KAI. 

Langkah ini dilakukan untuk memastikan pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, terutama di tengah periode libur Natal dan Tahun Baru 2025.

Porter atau pramuantar di stasiun kereta api memegang peran penting dalam membantu penumpang membawa barang bawaan. 

Sesuai standar operasional prosedur (SOP), porter wajib bekerja dengan tertib, memprioritaskan pelayanan penumpang, serta menjaga keamanan barang bawaan.

"Porter yang ada pada Kereta Api Indonesia (KAI) harus bekerja sesuai SOP, tertib aturan, dan memberikan layanan terbaik agar penumpang merasa aman dan nyaman," ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Kamis 26 Desember 2024.

Porter di Stasiun Gambir dan Pasar Senen saat ini berjumlah 416 orang, yang bekerja dalam dua shift. Di Stasiun Gambir, terdapat 240 porter, sementara di Stasiun Pasar Senen terdapat 176 porter. 

Para porter dilengkapi seragam resmi dan ID card untuk memudahkan identifikasi oleh penumpang.

BACA JUGA:KAI Siap Uji Coba Kereta Khusus Wanita di LRT Jabodebek Mulai 16 Desember 2024

BACA JUGA:KAI Daop 1 Jakarta Tebar Promo Flash Sale 12.12 pada 32 KA, Kelas Eksekutif Mulai dari Rp149 Ribu

Untuk mempermudah penumpang dalam mengakses jasa porter, fitur E-Porter kini tersedia di aplikasi Access by KAI. Penumpang dapat memesan layanan ini dengan mudah melalui aplikasi, baik dengan memasukkan nomor petugas porter atau memindai kode QR yang terdapat pada identitas porter.

"Dengan fitur E-Porter, penumpang bisa langsung memesan layanan porter secara digital. Ini adalah salah satu langkah kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan," tambah Ixfan.

Selain layanan porter, KAI Daop 1 Jakarta juga menggandeng mahasiswa dari Institut Teknologi Logistik (ITL) Trisakti dan komunitas Railfans untuk membantu kelancaran arus penumpang di stasiun selama periode liburan Natal dan Tahun Baru. 

Sebanyak 8 mahasiswa ITL Trisakti dan 54 anggota Railfans ditempatkan di berbagai stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta, termasuk Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Sukabumi.

Hingga 26 Desember 2024, tiket kereta api untuk periode libur Natal dan Tahun Baru sudah terjual sebanyak 488.149 tiket atau 59,4 persen dari total ketersediaan 821.973 tempat duduk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: