7 Ciri-ciri Orang yang Mendapat Kasih Sayang Allah SWT Berdasarkan Al-Quran dan Hadits

7 Ciri-ciri Orang yang Mendapat Kasih Sayang Allah SWT Berdasarkan Al-Quran dan Hadits

Ciri-ciri orang yang mendapat kasih sayang Allah -ilustrasi-

3. Orang yang Sabar

Sabar adalah ciri lain yang sangat dihargai oleh Allah SWT. Orang yang sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian hidup menunjukkan kekuatan iman yang luar biasa. 

Dalam Al-Quran, surah Ali Imran ayat 146 menegaskan bahwa Allah mencintai orang-orang yang sabar, 

وَكَاَيِّنْ مِّنْ نَّبِيٍّ قٰتَلَۙ مَعَهٗ رِبِّيُّوْنَ كَثِيْرٌۚ فَمَا وَهَنُوْا لِمَآ اَصَابَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَمَا ضَعُفُوْا وَمَا اسْتَكَانُوْا ۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: Betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(-nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat, dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah mencintai orang-orang yang sabar.

4. Orang yang Berjihad di Jalan Allah

Berjihad di jalan Allah bukan hanya berarti berperang secara fisik, tetapi juga mencakup segala bentuk usaha untuk menegakkan kebenaran dan mempertahankan agama. 

Mereka yang berjihad dengan sungguh-sungguh demi agama Islam adalah hamba-hamba yang dicintai Allah SWT. Dalam surah As-Saff ayat 4, Allah berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الَّذِيْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِهٖ صَفًّا كَاَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَّرْصُوْصٌ

Artinya: Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam satu barisan, seakan-akan mereka suatu bangunan yang tersusun kukuh

5. Orang yang Adil

Keadilan adalah sifat yang sangat dicintai Allah SWT. Pemimpin atau individu yang selalu bertindak adil dan tidak memihak adalah orang-orang yang mendapat rahmat dan kecintaan Allah. 

Dalam surah Al-Ma'idah ayat 42, Allah menegaskan bahwa orang yang adil adalah orang yang menegakkan kebenaran, meskipun berada di posisi yang sulit. 

سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ اَكّٰلُوْنَ لِلسُّحْتِۗ فَاِنْ جَاۤءُوْكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ اَوْ اَعْرِضْ عَنْهُمْ ۚوَاِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَّضُرُّوْكَ شَيْـًٔا ۗ وَاِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

Artinya: Mereka (orang-orang Yahudi itu) sangat suka mendengar berita bohong lagi banyak memakan makanan yang haram. Maka, jika mereka datang kepadamu (Nabi Muhammad untuk meminta putusan), berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka. Jika engkau berpaling, mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Akan tetapi, jika engkau memutuskan (perkara mereka), putuskanlah dengan adil. Sungguhuhnya Allah menyukai orang-orang yang adil. 

BACA JUGA:

6. Orang yang Bertaubat

Orang yang senantiasa bertaubat juga termasuk dalam golongan yang dicintai Allah SWT. Taubat adalah bentuk kesadaran diri atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan tekad untuk tidak mengulanginya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: