6 Kuliner Tradisional yang Hampir Hilang: Hidangan Legendaris yang Harus Dilestarikan

6 Kuliner Tradisional yang Hampir Hilang: Hidangan Legendaris yang Harus Dilestarikan

Ilustrasi sayur babanci khas Betawi (kuliner nusantara yang hampir hilang)--Foto: pojokjakartanews

Di Sumatra Barat, "Galamai", sejenis dodol khas Payakumbuh, juga mulai jarang dibuat. Proses pembuatannya yang memakan waktu dan tenaga membuat kuliner ini tak lagi populer di kalangan anak muda. 

Padahal, galamai merupakan camilan yang sarat dengan makna budaya, biasanya dihidangkan saat upacara adat atau perayaan tertentu.

3. Gulo Puan (Palembang)

Gulo Puan merupakan makanan manis dari Palembang yang terbuat dari campuran susu kerbau dan gula. Proses pembuatannya cukup rumit dan memerlukan waktu yang lama, sehingga banyak yang enggan melestarikan kuliner ini. 

BACA JUGA:

Dulu, gulo puan dianggap sebagai hidangan istimewa yang hanya disajikan saat acara-acara penting, bahkan dianggap sebagai makanan bangsawan. 

Kini, sangat sulit menemukan orang yang masih membuat gulo puan secara tradisional, meskipun cita rasa manis legit dari susu kerbau yang berpadu dengan gula ini sangat khas dan berbeda dari makanan manis lainnya.

4. Grontol (Jawa Tengah)

Grontol adalah makanan tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari jagung rebus yang disajikan dengan parutan kelapa dan taburan gula pasir. Pada masa lalu, grontol menjadi camilan favorit masyarakat pedesaan karena bahan-bahannya mudah didapat dan murah. 

Namun, seiring dengan modernisasi, grontol semakin jarang ditemui. Banyak generasi muda yang bahkan belum pernah mendengar nama makanan ini, apalagi mencicipinya. Padahal, selain rasanya yang lezat, grontol juga mengandung gizi yang baik dan bisa menjadi alternatif camilan sehat.

5. Sambal Bongkot (Bali)

Sambal bongkot adalah sambal tradisional Bali yang menggunakan bunga kecombrang sebagai bahan utamanya. Sambal ini memiliki rasa pedas segar yang berbeda dari sambal-sambal lain karena kecombrang memiliki aroma dan rasa yang khas. 

Sambal bongkot biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan ikan bakar atau ayam betutu. Sayangnya, sambal ini kini semakin jarang disajikan karena banyak orang lebih memilih sambal modern yang lebih mudah dibuat dan disimpan. 

6. Lawar (Bali)

Di Bali, beberapa keluarga masih menjaga resep tradisional "Lawar", campuran daging cincang, sayuran, dan kelapa parut yang dimasak dengan darah hewan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: