KKB Papua Ancam Lakukan Penculikan dan Penyandaraan Lagi, Begini Respon Satgas Damai Cartenz

KKB Papua Ancam Lakukan Penculikan dan Penyandaraan Lagi, Begini Respon Satgas Damai Cartenz

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens (kiri) usai dibebaskan KKB Papua--disway.id

PAPUA, RADARPENA.CO.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua mengancam akan melakukan penculikan dan penyanderaan lagi.

Ancaman tersebut disampaikan langsung juru bicara KKB Papua Sebby Sembom.

Ancaman tersebut langsung direspon Satgas Damai Cartenz

Kaops Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani melalui Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Bayu Suseno mengatakan pihaknya langsung bergerak dengan memperketat pengamanan di wilayah rawan, termasuk meningkatkan intensitas pengejaran terhadap kelompok KKB tersebut.

BACA JUGA:

Diungkapkannya, patroli di lokasi-lokasi strategis bakal diketatkan. Seperti bandara perintis, kini lebih sering dilakukan.

"Kami tingkatkan kegiatan patroli dan pengamanan, khususnya di bandara-bandara perintis. Pengejaran terhadap KKB juga masih terus kami lakukan," kata Bayu kepada awak media, Kamis 3 Oktober 2024.

Dijelaskannya, pihaknya tetap mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis, terutama di sembilan wilayah prioritas yang tersebar di Provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

"Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Jaya Wijaya, dan Jayapura," jelasnya.

"Operasi ini mengutamakan pembinaan masyarakat, deteksi dini, serta menjalin komunikasi dengan masyarakat. Namun, kami juga siap dengan langkah penegakan hukum jika diperlukan," lanjutnya.

Diterangkannya, dengan hal itu pihaknya berharap dapat menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua dan sekitarnya.(raffi adhi) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: