Viral! TNI Gadungan Nekat Ikuti Gladi HUT ke-79 TNI di Monas, Berlagak Reporter Tv Berujung Ditangkap

Viral! TNI Gadungan Nekat Ikuti Gladi HUT ke-79 TNI di Monas, Berlagak Reporter Tv Berujung Ditangkap

Video viral seorang TNI gadungan yang mengaku sebagai anggota TNI angkatan laut.--instagram.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pria yang menyamar sebagai anggota TNI gadungan dengan pangkat Letnan Dua ditangkap dan diamankan di Monas, Jakarta Pusat, pada Jumat 27 September 2024. Pria berusia 23 tahun ini berinisial JGK ditangkap karena mengenakan seragam dinas harian TNI Angkatan Laut. 

Ia nekat datang ke Monas untuk mengikuti pelatihan gladi persiapan upacara HUT TNI ke-79 yang bakal digelar dalam waktu dekat. Menurut laporan tertulis dari TNI, pria tersebut berasal dari Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. 

Pria tersebut kemudian ditangkap dan diamankan oleh Letkol Pom Mansur (Kasat Gakkum Puspom TNI) sekitar pukul 16.50 WIB ketika sedang berjalan kaki menuju halte Juanda yang berada di dekat Masjid Istiqlal Jakarta. 

JGK berangkat dari tempat kost dengan menggunakan bajaj, namun diperjalanan ia mengenakan seragam TNI AL dengan pangkat Letnan Dua yang ia simpan dalam tas selempangnya, tujuannya adalah untuk menyaksikan latihan upacara TNI di Monas. 

JGK menyebut bahwa ia memakai seragam tersebut karena pernah mengikuti seleksi Pa PK TNI pada Oktober 2023 namun dirinya tidak lolos. Ia juga menyebut bahwa seragam TNI AL dengan pangkat Letda Sus itu dibelinya di Pasar Turi seharga Rp500.000.  

BACA JUGA:

Saat diamankan, JGK ternyata kedapatan membawa minuman keras tradisional merek Moke minuman asli Nusa Tenggara Timur yang diperoleh dari seseorang saat tiba di Monas, namun ia mengaku tidak mengkonsumsinya.

Bahkan dari salah satu video JGK juga berlagak layaknya seorang reporter yang sedang melaporkan dari depan Monas.

“Shalom selamat siang, izinkanlah saya memperkenalkan nama saya pendeta Letda Jefri GA Koro, sarjana Teologi.

Dengan NRP 220601, saya dari Kodilata, selanjutnya JGK bercakap seperti menggunakan bahasa Inggris yang tidak jelas.

“This hari kemerdekaan republik yang ke 79 ada satu kata-kata yang membuat bahagiakan untuk Indonesia, biarlah Indonesia, tetap semangat Indonesia tetap teguh dan tangguh untuk apapun yang melakukan, tampak JGK melajutkan bicaranya dengan bahasa Inggris yang tidak jelas.

Hingga berita ini diterbitkan, saat ini JGK diserahkan ke Posko Kodim 0501 Jakarta Pusat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: