5 Janji Allah kepada Orang yang Bersabar: Kunci Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

5 Janji Allah kepada Orang yang Bersabar: Kunci Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Ilustrasi orang bersabar --freepik.com

Seringkali ketika menghadapi kesulitan, kita merasa seolah Allah menjauh. Namun, dalam surat Ali-Imran ayat 146, dijelaskan bahwa Allah senantiasa bersama hamba-Nya yang bersabar. 

Ayat ini menegaskan bahwa di saat kita tertimpa musibah, Allah tetap ada di sisi kita, mendukung dan mencintai mereka yang sabar.

وَكَاَيِّنْ مِّنْ نَّبِيٍّ قٰتَلَۙ مَعَهٗ رِبِّيُّوْنَ كَثِيْرٌۚ فَمَا وَهَنُوْا لِمَآ اَصَابَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَمَا ضَعُفُوْا وَمَا اسْتَكَانُوْا ۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.

Ayat ini menjadi pengingat bahwa dalam setiap kesulitan, Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya yang sabar, dan Dia mencintai orang-orang yang tetap kuat dalam keimanan mereka.

2. Mendapat Pahala yang Berlipat

Allah berjanji tidak akan menyia-nyiakan pahala bagi mereka yang bersabar. Pahala ini tidak hanya berupa ganjaran di akhirat, tetapi juga balasan yang baik di dunia. 

Dalam surat An-Nahl ayat 41-42, Allah menegaskan bahwa pahala bagi orang-orang yang sabar akan berlipat ganda dan tidak akan pernah hilang.

وَالَّذِيۡنَ هَاجَرُوۡا فِى اللّٰهِ مِنۡۢ بَعۡدِ مَا ظُلِمُوۡا لَـنُبَوِّئَنَّهُمۡ فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً ؕ وَلَاَجۡرُ الۡاٰخِرَةِ اَكۡبَرُۘ لَوۡ كَانُوۡا يَعۡلَمُوۡنَۙ‏ ٤١ الَّذِيۡنَ صَبَرُوۡا وَعَلٰى رَبِّهِمۡ يَتَوَكَّلُوۡنَ‏ ٤٢

Artinya: Dan orang yang berhijrah karena Allah setelah mereka dizalimi, pasti Kami akan memberikan tempat yang baik kepada mereka di dunia. Dan pahala di akhirat pasti lebih besar, sekiranya mereka mengetahui, (yaitu) orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal.

3. Keberuntungan bagi Orang yang Sabar

Kesabaran yang diiringi dengan tawakal kepada Allah tidak hanya mendatangkan pahala, tetapi juga keberuntungan. Dalam surat Ali-Imran ayat 100, Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk bersabar dan bertakwa agar memperoleh keberuntungan.

BACA JUGA:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَابِرُوْا وَرَابِطُوْاۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

4. Ampunan, Rahmat, dan Petunjuk Allah

Sabar adalah jalan menuju ampunan, rahmat, dan petunjuk Allah. Dalam surat Al-Baqarah ayat 155-157, Allah menjelaskan bahwa Dia akan menguji hamba-Nya dengan berbagai musibah agar mereka bersabar. 

Balasan bagi mereka yang bersabar adalah ampunan dan rahmat dari Allah serta petunjuk menuju jalan yang benar.

وَلَـنَبۡلُوَنَّكُمۡ بِشَىۡءٍ مِّنَ الۡخَـوۡفِ وَالۡجُـوۡعِ وَنَقۡصٍ مِّنَ الۡاَمۡوَالِ وَالۡاَنۡفُسِ وَالثَّمَرٰتِؕ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيۡنَۙ‏ ١٥٥ الَّذِيۡنَ اِذَآ اَصَابَتۡهُمۡ مُّصِيۡبَةٌ ۙ قَالُوۡٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّـآ اِلَيۡهِ رٰجِعُوۡنَؕ‏ ١٥٦ اُولٰٓٮِٕكَ عَلَيۡهِمۡ صَلَوٰتٌ مِّنۡ رَّبِّهِمۡ وَرَحۡمَةٌ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُهۡتَدُوۡنَ‏ ١٥٧

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: