Dalil Lengkap Tentang Ibadah Haji dan Umrah dalam Al-Quran dan Hadits

Dalil Lengkap Tentang Ibadah Haji dan Umrah dalam Al-Quran dan Hadits

Ilustrasi ibadah Haji dan Umrah --Pixabay

"Satu umrah ke umrah yang lain merupakan penghapus dosa di antara keduanya. Haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga." (Muslim, No: 1349)

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Bahasa Arab:

عُمْرَةٌ فِي رَمَضَانَ تَعْدِلُ حَجَّةً

Latin:

"‘Umratun fī ramaḍāna ta‘dilu ḥajjah."

Terjemahan Indonesia

"Pelaksanaan umrah pada bulan Ramadan setara dengan haji." Atau beliau bersabda, "Setara dengan melaksanakan haji bersamaku." (Al-Bukhari dan Muslim)

Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah

Mengutip dari thepilgrim.co ada beberapa perbedaan pada ibadah haji dan umrah.

Haji adalah ibadah wajib bagi umat Islam, sebagai salah satu dari lima rukun Islam, sedangkan Umrah adalah ibadah sunnah yang tidak wajib namun sangat bermanfaat.

Haji harus dilakukan sekali seumur hidup jika seseorang mampu secara fisik dan finansial, sedangkan umrah dapat dilakukan kapan saja dan biayanya lebih murah.

Waktu Haji dilakukan hanya selama bulan Dzulhijjah (8-12), sedangkan Umrah tidak memiliki waktu tertentu dan dapat dilakukan sepanjang tahun, dan sering kali lebih disukai di bulan Ramadhan untuk mendapatkan berkah tambahan.

Ritual Kedua ibadah ini memiliki ritual yang sama, seperti mengenakan Ihram, melakukan Tawaf, Sa'a, dan diakhiri dengan Taqsir (pemotongan rambut). Namun, haji memiliki ritual tambahan seperti perjalanan ke Mina, Arafah, dan Muzdalifah, melempar jumrah, dan penyembelih

Durasi dan Lokasi Haji melibatkan lebih banyak perjalanan dan dapat memakan waktu 4-5 hari, sementara Umrah lebih singkat, sering kali selesai dalam satu hari. Haji membutuhkan kunjungan ke beberapa lokasi, sedangkan Umrah hanya dilakukan di Ka'bah.

Ada tiga jenis haji (Qiran, Ifrad, dan Tamattu) dan dua jenis umrah (Umrah ul Mufradah dan Umrah ul Tamattu). Haji ul Tamattu adalah yang paling direkomendasikan, menggabungkan ibadah haji dan umrah dalam satu perjalanan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: