Jangan Dibuang! Pisang Berbintik HitamTernyata Banyak Manfaat Kesehatan Lho! Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Jangan Dibuang! Pisang Berbintik HitamTernyata Banyak Manfaat Kesehatan Lho! Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Pisang berbintik hitam banyak mengandung manfaa kesehatan/ilustrasi-ilustrasi-Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pisang yang memiliki bintik hitam di kulitnya kerap dianggap busuk dan tidak layak konsumsi, sehingga banyak orang memilih untuk membuangnya.

Namun, menurut pakar herbal dan kesehatan, dr. Zaidul Akbar, pisang berbintik hitam justru menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, dr. Zaidul Akbar mengungkapkan bahwa pisang berbintik hitam kaya akan antioksidan, serotonin, serta mineral penting seperti kalium dan kalsium.

Kandungan tersebut memiliki khasiat luar biasa, termasuk sebagai mood booster dan potensi membantu mencegah kanker.

"Pisang berbintik hitam mengandung serotonin, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Ini bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk membuat suasana hati lebih baik," ujar dr. Zaidul Akbar, yang juga dikenal sebagai pendakwah.

Manfaat Kesehatan Pisang Berbintik Hitam

Selain sebagai mood booster, pisang berbintik hitam juga dikenal memiliki sifat anti kanker. Dr. Zaidul menyarankan agar pisang ini dikonsumsi secara rutin sebagai bagian dari pola makan sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

"Jika seseorang sedang dalam kondisi sulit, terutama bagi mereka yang tengah berjuang melawan kanker, pisang berbintik hitam bisa menjadi makanan yang baik karena mengandung anti kanker," jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Zaidul juga menambahkan bahwa kulit pisang berbintik hitam dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan luka, terutama pada kasus infeksi, termasuk pada infeksi di payudara.

Pengolahan Pisang Berbintik Hitam

Untuk mengonsumsi pisang berbintik hitam, dr. Zaidul menyarankan agar buah tersebut diolah menjadi smoothies. Minuman ini tidak hanya enak, tetapi juga dapat menjadi mood booster alami.

"Kalo anak-anak lagi baper, atau ingin bikin bahagia suami atau istri, coba deh diberikan pisang bintik hitam atau buatkan smoothies pisang bintik hitam," sarannya dalam akun Instagram @zaidulakbar.

Tumbuh Alami Tanpa Bahan Kimia

Dr. Zaidul juga menekankan pentingnya mengonsumsi pisang yang tumbuh secara alami tanpa bahan kimia tambahan.

Menurutnya, semua pisang akan mengeluarkan bintik hitam ketika dibiarkan dalam waktu lama. Ia lebih menyukai pisang lokal yang tumbuh alami dan masih memiliki biji di dalamnya.

"Kalau susah menemukannya, tidak masalah mengonsumsi pisang yang masih kuning asalkan tumbuh alami, bukan dipercepat matangnya dengan karbit," tambahnya.

Dengan beragam manfaat yang ditawarkan, informasi ini sangat penting untuk diketahui, terutama karena banyak orang selama ini salah paham dan membuang pisang berbintik hitam karena dianggap busuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: