Tingkatkan Daya Saing Industri Furnitur di Pasar Global, Kemenperin Terapkan Langkah Ini

Tingkatkan Daya Saing Industri Furnitur di Pasar Global, Kemenperin Terapkan Langkah Ini

Tingkatkan Daya Saing Industri Furnitur di Pasar Global, Kemenperin Terapkan Langkah Ini-Disway.Id/Bianca Khairunnisa -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam rangka mengembangkan potensi industri furnitur dalam negeri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga terus menerapkan berbagai langkah strategis dalam mengdongkrak daya saing pasar dalam negeri ditengah-tengah persaingan yang semakin luas.

Menurut keterangan Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Reni Yanita, pihaknya akan selalu senantiasa mendukung pengembangan pelaku IKM furnitur lokal agar bisa lebih berdaya saing global.

Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam ajang pameran bertaraf internasional IFFINA Indonesia Meubel & Design Expo 2024.

"IKM binaan yang telah memiliki kualitas dan daya saing akan mendapatkan fasilitasi akses pemasaran melalui partisipasi pameran, baik dalam maupun luar negeri, yang salah satunya melalui Pameran IFFINA – Indonesia Meubel & Design Expo 2024 ini," jelas Reni dalam keterangan resminya pada Selasa 17 September 2024.

BACA JUGA:

Diselenggarakan oleh Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO), pameran IFFINA melibatkan produsen, supplier, perajin, desainer dan stakeholder lainnya di industri furnitur dan kerajinan. 

Pameran yang diselenggarakan pada 14 – 17 September 2024 di Indonesia Convention Exhibtion (ICE) BSD tersebut mengusung tema 'An Unmissable Stop of Furniture Event Circle' dengan slogan 'Sustainable by Design'.

Menurut Reni, melalui pameran IFFINA, menjadi peluang bagus bagi IKM untuk dapat menembus pasar ekspor karena ajang tersebut banyak dikunjungi buyer potensial dari kalangan internasional.

"Selain tercapainya transaksi berupa ekspor produk dan komitmen transaksi, pertukaran wawasan dan informasi serta perluasan jejaring, juga menjadi poin penting untuk pengembangan bisnis di masa mendatang," kata Reni.

Pelaksanaan IFFINA 2024 juga merupakan bagian dari siklus pameran furnitur internasional yang dihadiri oleh buyers dari berbagai negara.

Siklus pameran dimulai dari VIFA ASEAN di Vietnam pada akhir Agustus, KOFURN di Korea Selatan pada awal September, Furniture China di Tiongkok pada awal September, IFFINA di Indonesia pada pertengahan September, dan Find Design Fair Asia di Singapura pada akhir September 2024.

(Bianca Khairunnisa).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: