Temuan Virus Baru di Cina, Gejala Ini yang Dikeluhkan Penderita

Temuan Virus Baru di Cina, Gejala Ini yang Dikeluhkan Penderita

Sebuah virus baru ditemukan dan menyebar di cina --

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Peneliti di China menemukan sebuah virus baru dari gigitan kutu yang sebelumnya tidak pernah ditemukan pada manusia. Virus tersebut diberi nama Wetland Virus (WELV). Berdasarkan laporan yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine pada 4 September itu, virus tersebut juga berisiko menyebabkan penyakit neurologis.

Dikutip dari NDTV, virus tersebut terdeteksi pertama kali ditemukan pada seorang pasien berusia 61 tahun di Kota Jinzhou pada Juni 2019. Pasien tersebut mengalami sakit selama lima hari setelah digigit kutu ketika berkunjung ke sebuah taman di lahan basah Mongolia Dalam, wilayah otonom di China bagian utara.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Berakhir Hari Ini, Berikut Jadwal Terbaru Setelah Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

Pasien saat itu mengalami sakit kepala, demam, muntah, dan memiliki gejala resisten terhadap antibiotik.

"Secara keseluruhan, data ini menunjukkan bahwa orthonairovirus yang baru ditemukan, WELV, bersifat patogen bagi manusia dan beredar di antara manusia, kutu, dan berbagai hewan di wilayah timur laut China," ujar peneliti.

Karena penasaran dengan temuan tersebut, peneliti akhirnya melakukan pengumpulan hampir 14.600 kutu di berbagai wilayah di China bagian utara, termasuk di tempat pasien tersebut digigit pertama kali. Hasil temuannya, sekitar 2 persen dari kutu yang didapatkan memiliki materi genetik WELV.

BACA JUGA:Tragis! Kasir Indomaret Tewas Dibunuh Rekan Kerja, Jasadnya Ditemukan di Dalam Gudang

Peneliti lalu melakukan analisis sampel darah dari penjaga hutan yang ada di wilayah tersebut. Mereka menemukan ada 12 dari 640 orang penjaga hutan yang memiliki antibodi terhadap WELV.

Penelitian lanjutan juga dilakukan pada ratusan pasien demam akibat gigitan kutu dalam waktu satu bulan terakhir. Hasilnya sebanyak 20 pasien dinyatakan positif virus WELV.

BACA JUGA:Viral! Seorang Warga Mengaku Dipukul Paspampres Usai Selfie dengan Presiden Jokowi di Samarinda

Tidak hanya itu saja, hasil pemeriksaan menemukan tanda-tanda kerusakan jaringan hingga pembekuan darah pada banyak pasien. Salah satu pasien WELV bahkan sempat mengalami koma karena memiliki konsentrasi sel darah putih yang tinggi dalam otak dan cairan sumsum tulang belakangnya.

Semua pasien WELV dinyatakan sudah sembuh setelah menjalani perawatan. Pasien sudah dipulangkan dalam rentang 4-15 setelah dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA:Viral! Gegara Ditolak Kredit, Seorang Pria Ngamuk dan Hancurkan Motor yang Dipajang di Showroom

Percobaan laboratorium pada tikus menunjukkan WELV dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya dan berisiko memengaruhi sistem saraf. Ini menunjukkan meskipun infeksi WELV dapat bersifat ringan dalam beberapa kasus, ini tetap berpotensi menyebabkan masalah serius pada otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: