Kejar Pahala Berlipat Ganda dengan Puasa Ayyamul Bidh, Catat Tanggalnya di September 2024!

Kejar Pahala Berlipat Ganda dengan Puasa Ayyamul Bidh, Catat Tanggalnya di September 2024!

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh di Bulan September 2024--

"Niatku berpuasa Ayyamul Bidh hari ini karena Allah Ta'ala, semoga Allah menerima amal baikku dan memaafkan dosaku. Aamiin."

Manfaat Kesehatan Puasa Ayyamul Bidh

Melaksanakan puasa Ayyamul Bidh dapat memberikan beberapa keutamaan, antara lain:

  • Pahala yang Besar: Puasa Ayyamul Bidh dapat memberikan pahala yang sangat besar karena dilakukan pada tanggal-tanggal khusus dalam bulan Hijriyah.
  • Menguatkan Iman: Melaksanakan puasa Ayyamul Bidh dapat menguatkan iman dan keimanan seseorang.
  • Mengurangi Dosa: Puasa Ayyamul Bidh dapat mengurangi dosa dan memperbaiki amal perbuatan seseorang.

BACA JUGA:

Selain itu, ternyata ada manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mengeluarkan Racun (detoksifikasi)

Puasa membuat tubuh kita melakukan detoksifikasi atau proses pembuangan racun yang dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat, urin, atau saat buang air besar. Dengan terbuangnya racun-racun dalam tubuh kita tentu akan menyehatkan tubuh.

2. Menghilangkan Lemak

Berpuasa juga dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh kita. Karena dengan berpuasa, energy dalam tubuh kita dihasilkan oleh pembakaran sisa glukosa dalam tubuh. Kemudian jika glukosa tersebut telah habis maka tubuh akan menggantinya dengan lemak yang tersimpan dalam otot tubuh. 

Proses pembakaran lemak ini juga menghasilkan energy bagi tubuh jadi tidak perlu khawatir lemas saat berpuasa karena energy tetap terproduksi dari pembakaran lemak dan glukosa tersebut.

BACA JUGA:

3. Menurunkan Berbagai Resiko Penyakit

Berpuasa juga dapat menurunkan berbagai resiko penyakit dalam tubuh, Seperti:

  • Darah tinggi, hal ini dikarenakan saat berpuasa produksi hormone dalam tubuh kita akan lebih terkontrol seperti hormone adrenalin yang menyebabkan kenaikan tekanan darah dalam tubuh.
  • Resiko Plak Jantung, hal ini dikarenakan asupan lemak jahat pada tubuh akan berkurang saat kita berpuasa. Dengan berkurangnya asupan lemak jahat tersebut maka jantung kita akan lebih sehat dan terhindar dari resiko plak jantung.
  • Resiko diabetes, saat berpuasa tubuh kita akan meningkatkan proses pemecahan glukosa untuk sebagai modal untuk memproduksi energy dalam tubuh. Dengan pemecahan glukosa tersebut, dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh karena proses tersebut memproduksi insulin dalam tubuh sehingga kita akan lebih terhindar dari resiko diabetes.
  • Penyakit ginjal, hal ini dikarenakan berkurangnya konsumsi air selama berpuasa.
  • Serangan jantung, hal ini dikarenakan tubuh kita mengalami penurunan tingkat trigliserida (TG) hingga rata-rata 15 persen dan penurutnan kolestrol low density liporprotein (LDL) hingga 10 persen yang merupakan salah satu factor resiko penyebab terjadinya serangan jantung

Dengan demikian, puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh bulan September 2024 dan kejarlah pahala lipat ganda dengan melaksanakan ibadah ini secara konsisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: