Niat Puasa Arafah: Pentingnya Beribadah dengan Niat yang Tulus

Niat Puasa Arafah: Pentingnya Beribadah dengan Niat yang Tulus

Niat Puasa Arafah: Pentingnya Beribadah Dengan Niat Yang Tulus-Sumber : FREEPIK-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Puasa Arafah adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam pada tanggal 9 Dzulhijjah. Selain menahan lapar dan dahaga, niat yang tulus menjadi syarat penting dalam beribadah, tak terkecuali puasa Arafah. Artikel ini akan membahas tentang pentingnya niat yang tulus dalam beribadah serta menyertakan dalilnya dari bahasa Arab.

Dalil Pentingnya Niat:

Niat memegang peranan penting dalam beribadah, hal ini ditegaskan dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim:

نَوَى المُؤْمِنُ خَيْرًا فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِينَ ضِعْفًا، وَنَوَى مُشْرِكًا شَرًا فَلَهُ مِثْلُهَا

Artinya: "Jika seorang mukmin menghendaki (berniat) untuk mengerjakan kebaikan, maka untuknya dicatat pahala kebaikan tersebut sepuluh kali lipat sampai dengan tujuh ratus kali lipat. Sebaliknya, jika seorang musyrik menghendaki (berniat) untuk mengerjakan kejahatan, maka untuknya dicatat kejahatan tersebut seperti yang dilakukannya." (HR. Bukhari dan Muslim)

 

BACA JUGA:

 

Hadis di atas menjelaskan bahwa niat menjadi pembeda antara ibadah dan aktivitas biasa. Niat yang tulus akan melipatgandakan pahala, sedangkan niat yang tidak baik akan mendatangkan dosa.

Niat Puasa Arafah:

Berikut lafadz niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah Ta'ala."

Niat tersebut hendaknya diucapkan di malam hari sebelum terbit fajar atau pada pagi hari sebelum terbit matahari pada hari Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah.

Kesimpulan:

Niat yang tulus merupakan unsur penting dalam beribadah, tak terkecuali puasa Arafah. Dengan meluruskan niat, pahala yang didapatkan pun akan semakin besar. Landasi ibadah puasa Arafah Anda dengan niat yang baik dan tulus karena Allah Ta'ala.

Pelajaran yang Dipetik:

  •  Niat menjadi syarat sah diterimanya ibadah.
  •  Niat yang tulus akan melipatgandakan pahala.
  • Puasa Arafah adalah amalan sunnah yang dianjurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: