Resep Jenang Gempol Khas Yogyakarta, Jajanan Tempo Dulu dengan Cita Rasa Manis Gurih

Resep Jenang Gempol Khas Yogyakarta, Jajanan Tempo Dulu dengan Cita Rasa Manis Gurih

Resep jenang gempol --YouTube Mamyka Channel

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di antara beragam kuliner tradisional Indonesia, jenang gempol khas Yogyakarta memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. 

Jajanan jenang gempol khas Yogyakarta yang satu ini bukan hanya sekadar camilan, tetapi juga membawa nostalgia masa kecil dan kenangan akan cita rasa manis gurih yang tak terlupakan.

Apa itu Jenang Gempol?

Jenang gempol adalah salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras. 

Bentuknya bulat-bulat kecil, kenyal, dan memiliki tekstur yang lembut. Jenang gempol biasanya disajikan dengan kuah santan yang gurih dan sedikit manis.

Resep Jenang Gempol Khas Yogyakarta

Dikutip Radarpena dari YouTube Mamyka Channel, inilah resep jenang gempol yang bisa kamu jadikan panduan untuk mencobanya.

BACA JUGA:

Bahan Gempol:

  • 200 gram tepung beras kemasan
  • Setengah sdt garam
  • 40 ml air biasa suhu ruang
  • 70 ml air panas mendidih
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Gembol:

1. Pertama-tama membuat bahan gempolnya terlebih dahulu. Tuang tepung beras dalam wadah, beri garam, dan tuang 40 ml air biasa sedikit demi sedikit sambil tepungnya diremas-remas hingga menjadi butiran-butiran kecil. 

2. Taruh butiran tepung ke dalam serbet/kain bersih. Lalu kukus tepung bersama kainnya. Fungsi serbet adalah untuk menutup tepung beras supaya saat dikukus tidak terkena air sedikit pun. Kukus selama 20 menit (kukusan telah dipanaskan sebelumnya.

3. Setelah 20 menit, matikan api dan pindahkan tepung ke dalam baskom kembali. Lalu tekan-tekan tepung menggunakan spatula salam keadaan masih panas. 

4. Tambahkan 70 ml air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk dan ditekan-tekan menggunakan spatula. Lalu bulatkan dengan ukuran besar-besar (tidak perlu bulat rata). Kemudian parut menggunakan parutan keju atau kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: