Dorong Optimalisasi Migas 2025, KEmenterian ESDM Genjot Produksi Minyak Rokan Hulu

Dorong Optimalisasi Migas 2025, KEmenterian ESDM Genjot Produksi Minyak Rokan Hulu

Kilang minyak--Unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan SKK Migas dipastikan akan mendorong optimalisasi minyak dan gas (Migas) pada 2025.

Tujuannya agar produksi migas mncapai target sebagaimana RAPBN tahun 2025. 

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM, Ariana Soemanto menyebut, saat ini, kontribusi lifting maupun produksi minyak nasional yang paling besar yaitu dari Pertamina Hulu Rokan sebesar 157 ribu barel per day. 

Disusul ExxonMobil Cepu sekitar 143 ribu barel per day. 

BACA JUGA:

Sedangkan produksi minyak dari Pertamina grup jika ditotal menyumbang sekitar 60 persen, belum termasuk non-operating aset. 

"Untuk mendukung target produksi nasional tahun depan, Pertamina Hulu Rokan direncanakan berkontribusi sekitar 165 ribu barel per day," katanya Minggu 1 September 2024.

Selain itu, terkait dengan strategi reaktivasi sumur dan lapangan idle, Kementerian ESDM, SKK Migas dan Pertamina telah lakukan pembahasan teknis. 

Lapangan maupun sumur yang tadinya idle akan jadi prioritas untuk dikerjakan sendiri, atau dikerjasamakan dengan Mitra. 

BACA JUGA:

Dalam hal kerjasama dengan Mitra, Pemerintah akan mendukung Pertamina agar ketentuan dalam kerjasama antara Pertamina dengan Mitra menjadi lebih menarik dan bisa dieksekusi lebih cepat, sehingga tambahan produksi bisa segera didapat.

Terkait dengan intervensi teknologi, perusahaan migas China (Sinopec) akan masuk ke 5 lapangan Pertamina dengan teknologi peningkatan produksi. 

"Minggu lalu tim teknis dari ESDM, SKK Migas dan Pertamina ke China untuk evaluasi teknis penerapan teknologi tersebut di lapangan di China. Selanjutnya, September ini Tim teknis Sinopec akan ke Indonesia untuk pejajakan teknologi tersebut ke 5 lapangan Pertamina. Kerjasama teknologi seperti ini akan terus didorong," tambah Ariana.

Peningkatan produksi dari proyek baru maupun dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) besar akan dikawal dan didukung penuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: