Ada di Dapur, Berikut 7 Obat Sariawan Herbal Alami yang Efektif dan Ampuh!

Ada di Dapur, Berikut 7 Obat Sariawan Herbal Alami yang Efektif dan Ampuh!

Ilustrasi sariawan.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sariawan merupakan peradangan di sekitar mulut yang menimbulkan rasa sakit dan tida nyaman. Tak jarang, jika kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya sulit makan dan bicara. 

Sebelum menggunakan obat medis, kamu bisa mengatasi sariawan dengan beberapa bahan alami yang ada di dapur rumah. Apa saja sih? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Madu

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk dijadikan obat sariawan alami. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh. Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

Larutan air garam

Obat herbal sariawan pertama yang bisa menjadi pilihan adalah larutan garam. Meski tidak mampu menyembuhkan sariawan sepenuhnya, larutan garam berfungsi untuk membuat sariawan cepat kering sehingga dapat sembuh lebih cepat.

Untuk membuat larutan garam, Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ gelas air hangat. Aduk hingga garam larut di dalam air, lalu gunakan untuk berkumur selama 15–30 detik. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa mengulangi cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

BACA JUGA:

Buah-buahan dan Sayuran

Sayur dan buah menjadi alternatif obat alami sariawan karena mengandung nutrisi yang dapat mengatasi sariawan. Beberapa nutrisi baik yang terdapat dalam sayur dan buah di antaranya vitamin C. vitamin B, zat besi, folat, dan zinc. Selain sayur dan buah, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat sariawan alami untuk meringankan sakit dan peradangan. 

Larutan bubuk tawas

Bubuk tawas terbuat dari kalium alumunium sulfat dan kerap digunakan mengawetkan makanan dan mengasinkan sayuran. Tawas memiliki sifat astringen sehingga membantu mengecilkan jaringan dan mengeringkan sariawan.

Minyak kelapa

Cara menyembuhkan sariawan selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa menjadi salah satu obat sariawan alami karena mengandung asam laurat yang tinggi sehingga bersifat antimikroba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: