Ada di Dapur, Berikut 7 Obat Sariawan Herbal Alami yang Efektif dan Ampuh!

Ada di Dapur, Berikut 7 Obat Sariawan Herbal Alami yang Efektif dan Ampuh!

Ilustrasi sariawan.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Daun sage

Daun sage mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Padahal, daun ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal sariawan. Daun sage memiliki sifat antibakteri, antiradang, serta antiseptik yang dipercaya dapat mengurangi nyeri akibat sariawan serta membuatnya lebih cepat sembuh.

BACA JUGA:

Bila ingin menggunakannya, daun sage perlu direbus terlebih dahulu selama 5 menit. Setelah itu, saring air rebusan dan diamkan sampai dingin. Air rebusan daun sage yang sudah dingin bisa Anda gunakan untuk berkumur guna mengatasi sariawan. Cara ini bisa Anda ulangi sesuai kebutuhan.

Teh chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Untuk mengobati sariawan, Anda dapat merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat. Kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.

Sebenarnya, sariawan dapat membaik dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu tanpa pengobatan khusus. Meski begitu, tak ada salahnya jika kamu ingin mencoba berbagai cara di atas untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: