14 Agustus Peringatan 63 Tahun Hari Pramuka, Simak Tema dan Makna Logo

14 Agustus Peringatan 63 Tahun Hari Pramuka, Simak Tema dan Makna Logo

Tema Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.--pramuka.or.id

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tepat tanggal 14 Agustus 2024 menjadi salah satu peringatan nasional, yakni peringatan Hari Pramuka Indonesia yang ke 63 tahun.

Hingga saat ini, Pramuka akhirnya menjadi organisasi yang terus ada untuk mengajak pemuda agar mengobarkan semangat kepemudaan seperti yang dijelaskan melalui laman resmi Pramuka.

Gerakan Pramuka ternyata sudah muncul sejak masa penjajahan Belanda.

Saat itu, pada 1912, dimulai latihan sekelompok pandu di Batavia (nama Jakarta pada masa penjajahan Belanda), yang kemudian menjadi cabang dari Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO).

BACA JUGA:

Umumnya, Hari Pramuka dirayakan dengan upacara bendera atau kegiatan lainnya. Meskipun bukan hari libur, perayaan Hari Pramuka tetap berlangsung meriah, terutama di kalangan anggota pramuka. 

Di tanggal 14 Agustus, semangat perayaan Hari Pramuka tetap membara di berbagai penjuru negeri. 

Berbagai kegiatan khas pramuka, seperti upacara bendera, kemah, dan aktivitas sosial, biasanya digelar di sekolah-sekolah dan komunitas pramuka pada hari ini.

Lantas bagaimana sejarah pramuka menjadi salah satu peringatan nasional? dan apa tema serta logo peringatan Hari Pramuka 2024? Simak ulasannya secara lengkap.

Sejarah Hari Pramuka

Setiap tanggal 14 Agustus Negra Indonesia memperingati Hari Pramuka Indonesia.  Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki sejarah yang turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa. 

Lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan nasional. 

Dikutip dari laman resmi Pramuka, sebelum menggema di Indonesia, pramuka telah berkembang terlebih dahulu di Inggris lewat pembinaan remaja yang dilakukan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell.

Powell diketahui memiliki banyak pengalaman yang berpengaruh pada kegiatan di dalam Pramuka seperti pengalaman mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika, keterampilan berlayar, berenang, berkemah dan masih banyak lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: