14 Agustus Peringatan 63 Tahun Hari Pramuka, Simak Tema dan Makna Logo

14 Agustus Peringatan 63 Tahun Hari Pramuka, Simak Tema dan Makna Logo

Tema Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.--pramuka.or.id

Kehadiran Gerakan Pramuka di Indonesia mendapat tempat penting di Indonesia bertolak pada ketetapan MPRS No. II/ MPRS/ 1960.

Presiden Sukarno memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana merdeka pada 9 Maret 1961. Amanat itu untuk lebih mengefektifkan kepanduan sebagai komponen penting dalam pembangunan bangsa.

Lambang Pramuka berupa Tunas Kelapa yang kita ketahui saat ini disahkan dalam Keppres Nomor 238 Tahun 1961. Kemudian pada 14 Agustus 1961, secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat setelah Presiden Sukarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres Nomor 448 Tahun 1961.

Logo dan Tema Hari Pramuka 2024

Tema Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mewajibkan agar seluruh kwartir daerah untuk mensosialisasikan dan mempergunakan Tema dan Logo tersebut ke seluruh anggota dan pemangku kepentingan Gerakan Pramuka di Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, Gugus Depan, Satuan Karya Pramuka, Satuan Komunitas pramuka di seluruh rangkaian kegiatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024.

Makna Logo:  

  • Angka 6 dan angka 3 merupakan angka Ulang Tahun yang ke 63 
  • Angka 6 hasil stilasi dari Kelopak Tunas serta angka 3 yang menopang Logogram Tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: