Jelang Liga 2 2024-2025, PSSI Segera Tuntaskan Kursus Wasit di Liga Musim Depan

Jelang Liga 2 2024-2025, PSSI Segera Tuntaskan Kursus Wasit di Liga Musim Depan

Jelang Liga 2 2024-2025, PSSI Segera Tuntaskan Kursus Wasit di Liga Musim Depan--PSSI

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kursus dan seleksi wasit untuk Liga 2 musim 2024/2025 telah selesai. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 4 Agustus dan merupakan agenda PSSI dalam menyambut kompetisi Liga 2.

Acara ditutup oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria. Tisha berharap para wasit ini bisa lebih siap dalam bertugas mengarungi kompetisi Liga 2 musim baru.

Adapun untuk materi, diberikan oleh instruktur wasit dari FIFA Subkhiddin Mohd Salleh. Selain itu ada Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Yoshimi Ogawa dan Pratap Singh.

“Kegiatan ini disiapkan untuk para wasit dan asisten wasit dalam menghadapi Liga 2 musim 2024/2025. Sebelum mulai, semua orang harus mempersiapkan diri, makanya kita menyediakan kesempatan itu, dengan mengadakan kursus." ujar Yoshimi Ogawa, Kamis 8 Agustus 2024, dilansir dari laman resmi PSSI.

"Adapun materi yang diberikan adalah mengenai Laws of the Game terbaru (2024/2025), dan bagaimana mengimplementasikannya di atas lapangan. Saya meyakini kalau para wasit dan asisten wasit ini bisa lebih siap dalam menghadapi musim baru nanti,” 

BACA JUGA:

Kegiatan ini diikuti oleh 28 wasit dan 49 asisten wasit. Mereka adalah yang memiliki lisensi C1-B, yang nanti pada saat Liga 2 dimulai, kuotanya terdiri dari 24 wasit dan 48 asisten wasit dari hasil seleksi lima hari ini.

Dari sisi instruktur FIFA, Subkhiddin Mohd Salleh mengucapkan terima kasih kepada para peserta, karena selalu menunjukkan komitmen tinggi dalam menjalani kursus.

“Kita mengadakan beberapa sesi di ruang kelas dan saya mendapati mereka ada peningkatan setiap harinya, lebih banyak mau berdiskusi dan bicara. Mereka juga banyak mendapatkan solusi-solusi sebelum membuat keputusan." tambahnya.

"Di lapangan ada praktek yang materinya bagaimana mereka mengimplementasikan teori yang sudah didapatkan di kelas. Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan, supaya mereka bisa lebih siap dan memberikan performa terbaik saat bertugas di lapangan untuk kompetisi Liga 2 musim depan,” jelasnya.

Sementara itu, dari peserta Subro Malisi dari Riau yang merupakan wasit mengatakan.

“Alhamdulillah selama mengikuti kegiatan ini saya mendapatkan banyak sekali ilmu dari instruktur-instruktur dan ini sangat membantu persiapan kami sebagai wasit untuk menghadapi musim 2024/2025 agar kualitas wasit Indonesia bisa lebih baik lagi," tutur Yoshimi Ogawa.

PSSI telah menentukan ranking wasit/asisten wasit kategori C1-B dan kategori C1-C dalam satu musim terakhir, yang dinilai dari performa tiap individu, baik di Liga 2 bagi wasit/asisten wasit kategori C1-B tahun 2023/2024, ataupun terhadap wasit /asisten wasit kategori C1-C tahun 2023/2024 dalam Liga 3, EPA (Elite Pro Academy) dan Soeratin Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pssi