Ngeri! Detik-detik Kronologi Rumah 3 Lantai di Bandung Mendadak Roboh

Ngeri! Detik-detik Kronologi Rumah 3 Lantai di Bandung Mendadak Roboh

Bangunan lantai 3 di Kabupaten Bandung roboh.--Instagram.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Beredar video sebuah rumah berlantai tiga yang ada di Jalan Cilisung Kulon, Kelurahan Sukamenak, Margahayu, Kabupaten Bandung, tiba-tiba roboh pada Selasa, 6 Agustus 2024 sore. 

Detik-detik robohnya konstruksi bangunan rumah berlantai tiga tersebut terekam oleh kamera warga yang tengah ada di lokasi kejadian.

Kabid Penyelamatan Dinas Damkar Kabupaten Bandung Supriadi mengatakan, peristiwa robohnya rumah terjadi pada pukul 16.00 WIB yang sempat ditonton oleh banyak warga.

Beruntung kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Sebab, sebelum ambruk penghuni rumah sudah keluar menyelematkan diri. "Jadi posisi rumah tiga tingkat itu roboh, penghuni sebelumnnya sudah keluar," kata Supriadi dalam keterangannya pada Selasa, 6 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Menurut Supriadi, penyebab robohnya rumah tiga lantai tersebut masih dalam pendalaman. Namun kuat dugaan konstruksi bangunan tidak kuat menahan beban. Meski begitu, akibat robohnya rumah tersebut, material bangunan menutupi akses jalan warga. Sehingga harus segera dibersihkan.

"Kita sudah meluncurkan personal rescue unit Disdamkar Kabupaten  Bandung dan sekarang mengevakuasi dari reruntuhan rumah tersebut," ujarnya.

Untuk melakukan pembersihan material bangunan pihaknya mengerahkan alat berat dengan meminjam ekavator milik Dinas PUPR Kabupaten Bandung.

Rumah tiga lantai tersebut roboh tepat berada di tengha-tengah pemukiman padat penduduk. Beruntung ketika ambruk rumah tersebut tidak menimpa rumah yang berada disampingnya.

BACA JUGA:

"Proses pembersihan material bangunan dibantu warga dan harapnya jalan bisa diakses kembali," ujarnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang didapatkan dari konsultan konstruksi mengungkapkan, penyebab bangunan bisa mendadak roboh disebabkan oleh beberapa faktor.

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengaku belum mendapati informasi tersebut. Pihaknya akan melakukan pengecekan akan kejadian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: